Khanqah

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Sebuah khanqah di Blagaj, Bosnia dan Herzegovina.

Khanqah atau khaniqah (juga dieja khankah, khaneqa, khanegah atau khaneqah (bahasa Persia: خانقاه)), dikenal pula dengan nama ribat (رباط), adalah sebuah bangunan yang dirancang khusus sebagai tempat perkumpulan Thariqah Sufi dan juga merupakan tempat mereka menjauhi peradaban untuk beruzlah dan mengubah karakter. Sebelumnya, khanqah juga berfungsi sebagai rumah perawatan untuk orang-orang salik (pengelana Sufi) dan para murid. Khanqah seringkali terletak bersebelahan dengan dargah (tempat suci Sufi), masjid dan madrasah.

Di dunia Arab (terutama di Afrika Utara), khanqah dikenal sebagai sebuah zāwiyah (Arab: زاویه‎, jamak zāwiyāt; juga dieja zawiya, zāwiya atau zaouia). Di Turki, Iran, dan bekas wilayah Kesultanan Utsmaniyah (seperti Albania dan Bosnia), bangunan ini disebut tekije (تكيه; juga dieja tekke, tekyeh, teqe atau takiyah). Di Asia Selatan, istilah khanqah dan dargah mengacu kepada tempat suci Sufi.

Khanqah dapat ditemui di seluruh dunia Islam, dari Maroko hingga Indonesia.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  • Fernandes, Leonor E. (1998). The Evolution of a Sufi Institution in Mamluk Egypt: The Khanqah. Berlin: Klaus Schwarz. ISBN 3-922968-68-6.