Khafji

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Khafji

الخفجي

Ras Al Khafji
Khafji.jpg
Khafji is located in Arab Saudi
Khafji
Khafji
Negara Arab Saudi
ProvinsiProvinsi Timur
Populasi
 (2005)
 • Total65.000
Zona waktuUTC+3 (Waktu Afrika Timur)

Ras Al Khafji (bahasa Arab: رأس الخفجي[Raʾs al-Ḫafjī] error: {{transl}}: unrecognized transliteration standard: din-31365 (help)) atau Khafji (الخفجي) merupakan sebuah kota yang terletak di timur laut Arab Saudi dan merupakan perbatasan dengan negara Kuwait. Sebelum tahun 1970, wilayah ini merupakan Zona Netral antara Kuwait dan Arab Saudi. Pemerintah Jepang dan Arabian Oil Company menandatangani perjanjian konsesi dengan Pemerintah Arab Saudi pada Desember 1957 dan dengan pemerintah Kuwait pada Juli 1958 untuk eksplorasi dan pengembangan cadangan hidrokarbon di Zona Netral lepas pantai. Arabian Oil Company menemukan ladang minyak khafji pada tahun 1960 dan ladang minyak hout pada tahun 1963.[1]

Setelah penemuan deposit minyak lepas pantai Khafji, perbatasan permanen Zona Netral antara Kuwait dan Arab Saudi didirikan, dan wilayah laut Khafji resmi terletak di dalam Kuwait. Namun, perjanjian tersebut menyimpulkan bahwa kedua negara masih akan mempertahankan hak bersama untuk semua sumber daya alam di zona netral yang ditunjuk. Dengan penghentian sewa Arabian Oil Company untuk mengeksplorasi wilayah, Operasi wilayah Khafji kembali ke perusahaan patungan antara perusahaan pemegang saham yang mewakili kedua negara, dengan produksi yang dibagi pada kesepakatan 50:50 antara Kuwait dan Arab Saudi.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Sebagian besar penduduk datang ke wilayah ini pada tahun 1960 setelah penemuan ladang minyak di Khafji. Menyusul dimulainya produksi minyak komersial, Arabian Oil Company mendirikan sebuah komplek perumahan yang terdiri dari 73 tempat tinggal, dibangun di atas area seluas 3000000 square feet (280000 m2), dan memiliki drainase, listrik, air bersih, telepon kabel dan jaringan jalan. Perluasan eksplorasi minyak dan pengeboran di wilayah tersebut membuat kota semakin meluas, umumnya sejalan dengan tren yang disaksikan seluruh wilayah kerajaan.

Letak[sunting | sunting sumber]

Khafji terletak di Provinsi Timur, Arab Saudi di kawasan Teluk Persia. Kota ini terletak di 28-26 lintang utara, 48-30 bujur timur. Dan berjarak 10 kilometer (6,2 mi) selatan perbatasan Arab Saudi dan Kuwat, 130 kilometer (81 mi) selatan Kuwait City dan 300 kilometer (190 mi) utara Dammam.

Iklim[sunting | sunting sumber]

Khafji memiliki iklim kering, dengan curah hujan tahunan rata-rata 105 milimeter (4,1 in). Jumlah curah hujan tahunan secara substansial bervariasi dari tahun ke tahun, dengan beberapa tahun terdapat lebih dari 200 milimeter (7,9 in) curah hujan sementara yang lain hanya beberapa milimeter. Suhu rata-rata musim semi adalah dalam kisaran 12 °C (54 °F), dengan kelembaban relatif sekitar 50%. Di musim panas rata-rata suhu di sekitar 50 °C (122 °F), dengan kelembaban relatif sekitar 50%. Sedangkan di musim dingin, suhu rata-rata sekitar 29 °C (84 °F), Dengan kelembaban relatif sekitar 50%.[2]

Perang Teluk[sunting | sunting sumber]

Pada tanggal 29 Januari 1991 tentara Irak menyerbu Khafji setelah Kuwait menginvasi Irak. Saudi, Qatar dan Koalisinya memaksa tentara Irak untuk menarik diri dari kota Khafji pada 31 Januari 1991 sebagai konsekuensi dari Pertempuran Khafji. Pada tahun 1995, pemerintah setempat menyatakan kota aman dan bebas dari pertempuran.

Masa Depan Khafji[sunting | sunting sumber]

Pemerintah Arab Saudi, dalam hubungannya dengan Operasi Bersama Khafji, mempromosikan proyek-proyek pembangunan besar di Khafji dengan tujuan mengubahnya menjadi salah satu kota utama di negara ini. Menurut pemerintah pusat, Khafji akan menjadi markas perusahaan gas alam baru. Sebuah proyek pemerintah lainnya adalah mempromosikan Khafji sebagai tujuan wisata internasional. Proyek ini akan mempublikasikan dan mempromosikan pantai Khafji untuk wisata musim panas, dan kemah di gurun untuk wisata musim dingin dan musim semi.

Pendidikan[sunting | sunting sumber]

Sejak 5 tahun lalu, telah dibuka cabang Fakultas Pendidikan untuk Perempuan Universitas Raja Faisal, dan pada tahun 1431 Hijriah, Fakultas tersebut berubah menjadi Fakultas Sains dan Sastra yang berada dibawah Universitas Dammam, untuk mengatasi banyak permintaan dari para mahasiswi dan wali mereka untuk diperbolehkannya melanjutkan studi ke luar kota, dalam ilmu umum seperti matematika dan biologi, dan ilmu sastra juga studi islam, seperti bahasa arab dan bahasa inggris. Dan sekarang, telah dibuka Fakultas Teknologi, Pihak pemerintah setempat berusaha untuk membuka beberapa fakultas lainnya untuk mempermudah warganya melanjutkan studi mereka di kota ini.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Salinan arsip". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2011-09-04. Diakses tanggal 2013-09-22. 
  2. ^ [1].

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

(Arab) Situs resmi Operasi Bersama Khafji (Khafji Joint Operation) (Arab) Media daring alkhafji.net Diarsipkan 2013-09-27 di Wayback Machine.

Koordinat: 28°25′N 48°30′E / 28.417°N 48.500°E / 28.417; 48.500