Keyser Söze

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Keyser Söze
Tokoh yang diperankan Kevin Spacey, Roger "Verbal" Kint, teridentifikasi sebagai Söze menurut sketsa polisi
Penampilan
perdana
The Usual Suspects
PenciptaChristopher McQuarrie
PemeranKevin Spacey
Scott B. Morgan (kilas balik)[1]
Informasi
AliasRoger "Verbal" Kint
Jenis kelaminLaki-laki
PekerjaanGembong narkoba, penipu
KewarganegaraanTurki

Keyser Söze (/ˈkzər ˈsz/ KAY-zər SOW-ze) adalah tokoh fiksi dan antagonis utama dalam film The Usual Suspects (1995) yang ditulis oleh Christopher McQuarrie dan disutradarai Bryan Singer. Menurut penipu Roger "Verbal" Kint (Kevin Spacey), Söze adalah bos penjahat yang sangat bengis dan berkuasa sehingga ia menjadi sosok legendaris di kalangan polisi maupun penjahat. Serangkaian peristiwa lain yang dituturkan Kint membuat kesaksiannya tidak bisa diandalkan. Sketsa yang dibuat polisi mengungkapkan bahwa Kint adalah Söze. Tokoh ini diangkat dari seorang pembunuh di dunia nyata bernama John List dan film mata-mata No Way Out yang mengisahkan agen KGB yang membocorkan rahasianya.

Tokoh ini masuk dalam beberapa daftar "musuh terbaik", termasuk AFI's 100 Years...100 Heroes & Villains. Spacey memenangi Academy Award for Best Supporting Actor yang kemudian mendongkrak kariernya sebagai bintang film. Sejak film ini dirilis, tokoh Keyser Söze disandingkan dengan penjahat kelas kakap. Analisis terhadap tokoh ini lebih menyoroti identitas aslinya yang ambigu serta benar tidaknya cerita yang dituturkan Verbal Kint. Meski sejumlah pembuat film ingin agar eksistensi tokoh tersebut diserahkan kembali kepada penafsiran penonton, Singer yakin bahwa Kint dan Söze adalah orang yang sama.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Mottram, James (2006). The Sundance Kids: How the Mavericks Took Back Hollywood (edisi ke-1st American paperback). NY: Faber and Faber, Inc. hlm. 115–116. ISBN 0865479674. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]