Ketopong Boiotia

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Ketopong perunggu Boiotia yang ditemukan di tepi sungai Tigris di Irak; bagian depan ketopong ada di sebelah kanan. Dipajang di Museum Ashmolean, Oxford, Britania Raya.

Ketopong Boiotia adalah jenis ketopong perang yang digunakan di Yunani Kuno, selama zaman Klasik dan Helenistik, serta Romawi Kuno. Kemungkinan ketopong ini dibuat di Boiotia.

Ciri[sunting | sunting sumber]

Pasukan berkuda Thessalia dari Sarkofagus Aleksander mengenakan ketopong Boiotia.

Ketopong Boiotia dimodelkan pada bentuk petasos ragam Boiotia yang dilipat, sejenis topi matahari Yunani, biasanya terbuat dari kain kempa.[1] Sebagai ketopong terbuka yang memungkinkan penglihatan tepi yang baik dan pendengaran yang tidak terganggu. Ketopong ini memiliki tengkorak berkubah yang dikelilingi oleh pinggiran yang lebar, melebar, dan miring ke bawah. Pinggirannya turun di bagian belakang untuk melindungi bagian belakang leher, dirancang ke depan di atas dahi dan dibuat menjadi bentuk yang rumit di samping, dengan lipatan mengarah ke bawah yang memberikan perlindungan lateral ke wajah. Gumpalan panjang jatuh kadang-kadang melekat pada ketopong berjenis ini. Kebutuhan akan penglihatan tanpa hambatan dan pendengaran yang baik sangat penting bagi pasukan berkuda, oleh karena itu ketopong jenis ini biasanya digunakan oleh pasukan berkuda.[2]

Jenis ketopong ini dipukuli dari satu lembar perunggu menggunakan "bekas" ketopong berbentuk, yang salah satunya terbuat dari batu kapur. Sebuah contoh yang sangat baik dari ketopong, yang mungkin milik salah satu pasukan berkuda Aleksander Agung ditemukan di sungai Tigris di Irak, dan sekarang disimpan di Museum Ashmolean. Pada akhir periode Helenistik, helm berevolusi menjadi tipe dengan tengkorak yang lebih tinggi, lebih kerucut dan sering kali pinggirannya berkurang.[3]

Penggunaan[sunting | sunting sumber]

Altar Romawi Domitius Ahenobarbus (akhir abad ke-2 SM); prajurit yang memegang kudanya di sebelah kanan memakai ketopong Boiotia berbulu.

Pakar militer Athena dan penulis bernama Xenofon secara khusus menyarankan penggunaan ketopong Boiotia untuk pasukan berkuda, dengan mengatakan "...jenis [ketopong] Boiotia. Karena ini tidak hanya memberikan perlindungan terbesar untuk semua bagian di atas kuiras, tetapi memungkinkan cakupan penglihatan yang lebih luas."[4] Nasihat tersebut diambil oleh Aleksander Agung, yang melengkapi pasukan berkudanya dengan ketopong ini.[5] Baik Sarkofagus Aleksander dan Mosaik Aleksander menunjukkan pasukan berkuda Makedonia Kuno mengenakan ketopong Boiotia.[6] Sebagai ketopong khusus pasukan berkuda, penggunaannya tidak seluas beberapa ketopong kuno lainnya seperti jenis Korinthos dan Frigia. Ketopong itu digunakan oleh pasukan berkuda Romawi pada era Republik. Di Altar Domitius Ahenobarbus (sebuah tempat konsul Romawi pada tahun 122 SM), seorang pasukan berkuda Romawi digambarkan memakainya dengan tengkorak yang lebih berbentuk kerucut dan dilengkapi dengan bulu kuda yang jatuh.

Kebiasaan penamaan dan tipologi ketopong kuno sebagian besar tidak mencerminkan penggunaan helm perang modern.[7] Namun, istilah "ketopong Boiotia" merupakan pengecualian karena digunakan oleh Xenofon. Perlengkapan bela diri lain yang berhubungan dengan daerah Boiotia adalah perisai Boiotia. Namun, tidak ada contoh yang masih ada yang ditemukan, dan hubungannya dengan wilayah ini sebagian besar melalui penggambaran mata uang lokal.

Referensi[sunting | sunting sumber]

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Sekunda 2002, hlm. 69.
  2. ^ Anderson 1961, hlm. 147–148.
  3. ^ Connolly 1998, hlm. 73.
  4. ^ Xenophon. Hippike, XII.3; Fraser 1922, hlm. 99.
  5. ^ Anderson 1961, hlm. 147.
  6. ^ Connolly 1998, hlm. 72.
  7. ^ Connolly 1998, p. 60: "Istilah seperti 'Iliria' dan 'Attika' digunakan dalam ilmu kepurbakalaan untuk pembeda dan untuk menunjukkan jenis ketopong tertentu, serta tidak menyiratkan asalnya.")

Daftar pustaka[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]