Bias rasial di Wikipedia

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Edit-a-thon for Visual Artists of the African Diaspora di Joan Mitchell Center, yang dipandu oleh Black Lunch Table di New Orleans

Wikipedia telah dikritik karena memiliki ketimpangan rasial sistemik dalam sorotannya, karena representasi rendah orang kulit berwarna dalam basis penyuntingnya.[1] Presiden Wikimedia D.C. pada masa lampau, James Hare, menyatakan bahwa "ruang sejarah orang kulit hitam dihiraukan" di Wikipedia, karena artikel-artikel umumnya ditulis oleh para penyunting kulit putih.[2] Menurut beberapa orang, artikel-artikel yang ada tentang topik-topik Afrika kebanyakan disunting oleh para penyunting asal Eropa dan Amerika Utara dan sehingga hanya merefleksikan pengetahuan dan konsumsi media mereka, yang "memberikan citra negatif" terhadap Afrika.[3] Maira Liriano dari Schomburg Center for Research in Black Culture, berpendapat bahwa kurangnya informasi terkait sejarah orang kulit hitam di Wikipedia "membuatnya tampak seperti tak penting."[4]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Melamed, Samantha. "Edit-athon aims to put left-out black artists into Wikipedia". Philly.com. Diakses tanggal 13 April 2015. 
  2. ^ Smith, Jada. "Howard University Fills in Wikipedia's Gaps in Black History". The New York Times. Diakses tanggal 13 April 2015. 
  3. ^ Goko, Colleen. "Drive launched to 'Africanise' Wikipedia". BusinessDay. Diakses tanggal 13 April 2015. 
  4. ^ Cassano, Jay. "Black History Matters, So Why Is Wikipedia Missing So Much Of It?". Fast Company. Diakses tanggal 13 April 2015.