Keterampilan belajar

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Seorang mahasiswa belajar untuk menghadapi ujian akhir.

Keterampilan belajar atau keterampilan akademik (bahasa Inggris: study skills atau academic skills) adalah pendekatan yang diterapkan dalam pembelajaran. Keterampilan ini umumnya penting bagi keberhasilan seseorang di sekolah untuk memperoleh nilai bagus, serta berguna untuk belajar sepanjang hidup.[1]

Keterampilan belajar merupakan serangkaian keterampilan untuk memproses, mengelola, dan menyerap informasi baru, menyimpan dan menggabungkan informasi, atau mengerjakan ujian. Keterampilan ini mencakup penggunaan jembatan keledai yang membantu menyimpan sejumlah informasi, cara membaca secara efektif, teknik berkonsentrasi,[2] dan cara mencatat yang efisien.[3]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Contributions of Study Skills to Academic Competence". School Psychology Review. Educational Resources Information Center. ISSN 0279-6015. Diakses tanggal 2009-02-01. 
  2. ^ Bremer, Rod (20 January 2016). The Manual: A Guide to the Ultimate Study Method (edisi ke-Second). Fons Sapientiae Publishing. ISBN 978-0993496424. 
  3. ^ http://weblearn.ox.ac.uk/site/colleges/seh/freshinfo/vs/StudySkills2008b.pdf Diarsipkan March 19, 2009, di Wayback Machine.