Ketamba

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Ketamba
Lethrinus nebulosus

Status konservasi
Risiko rendah
IUCN16720181
Taksonomi
KerajaanAnimalia
FilumChordata
KelasActinopteri
OrdoSpariformes
FamiliLethrinidae
GenusLethrinus
SpesiesLethrinus nebulosus

Asuh-asuh atau Ketamba (Lethrinus nebulosus) adalah sejenis ikan lencam.[1] Nama umumnya di beberapa daerah termasuk Andupen (Kalimantan), Gertah, Landok (Malaysia), Bakutut, Kiros (Filipina), Cá Hè dài (Vietnam), Meti laran (Timor Leste), Spangled emperor, Morwong (Australia), Galdom (Korea Selatan), Syairi (Arab Saudi), Atissa, Meevatiya (Sri Lanka), Chemballi (Kerala), Velamin (Tamil Nadu), Ichawa (Kenya), Changu tewa (Tanzania), Ambity (Madagaskar), dan Capitaine (Mauritius).

Ciri fisik[sunting | sunting sumber]

Ikan ini biasanya tumbuh hingga sekitar 70 cm. Warna tubuhnya kuning ke cokelat kekuningan atau perunggu, dimana bagian perutnya lebih ringan. Ikan ini memiliki tanda-tanda biru di seluruh tubuhnya. Pipinya tidak memiliki sisik dan mungkin memiliki tanda biru tegak.[2] Lencam kelip memiliki sirip keputihan atau kekuningan dengan tepi sirip punggungnya kekuningan.

Sebaran[sunting | sunting sumber]

Ikan ini terdapat di perairan Afrika Timur hingga bagian selatan Jepang dan Korea Selatan. Ia juga menghuni perairan pesisir Australia, dan telah tercatat di Laut Merah, Teluk Persia[3] dan Kaledonia Baru,[4][5] di mana ikan ini merupakan salah-satu ikan dagang utama.[4]

Habitat[sunting | sunting sumber]

Sprangled Emperor
Ketamba muda

Ketamba menghuni perairan laut dan payau pada kedalaman antara 10 dan 75 meter.[3] Ikan ini tidak bermigrasi,[3] dan bisa ditemukan di terumbu karang dan berbatu, padang lamun, rawa bakau, serta di atas permukaan berpasir.[2] Ikan ini dapat ditemukan di dalam kelompok besar.

Rujukan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "WoRMS - World Register of Marine Species - Lethrinus nebulosus (Forsskål, 1775)". Marinespecies.org. Retrieved 2014-05-26.
  2. ^ a b "Spangled Emperor Lethrinus nebulosus". Diakses tanggal May 26, 2014. 
  3. ^ a b c Lethrinus nebulosus, Spangled emperor : fisheries, aquaculture, gamefish
  4. ^ a b Laboute, P. & Grandperrin, R. (2000).
  5. ^ Fricke, R., Kulbicki, M. & Wantiez, L. 2011: Checklist of the fishes of New Caledonia, and their distribution in the Southwest Pacific Ocean (Pisces).

Pranala luar[sunting | sunting sumber]