Kesultanan Darfur

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
Kesultanan Darfur
Arab: سلطنة دارفور
1603–1874
1898–1916
Pedang kaskara
Bendera Lambang
Kesultanan Darfur dan wilayah sekitarnya pada tahun 1750.
Ibu kota Al Fasher setelah tahun 1790
Bahasa Fur, Arab
Agama Islam Sunni
Bentuk pemerintahan Monarki absolut
Sultan
 -  1603–1637 Suleiman Solon
 -  1873–1874 Ibrahim
Era sejarah Periode modern awal
 -  Didirikan 1603
 -  Dibubarkan 6 November 1916
Pendahulu
Pengganti
Tunjur
Khedivate Mesir
Sekarang bagian dari  Sudan

Kesultanan Darfur adalah sebuah negara pra-kolonial yang terletak di kawasan lembah sungai Nil di wilayah Sudan modern. Kesultanan ini berdiri dari tahun 1603 hingga 24 Oktober 1874.

Asal usul[sunting | sunting sumber]

Darfur merupakan dataran kering yang tidak dapat menopang populasi yang padat. Wilayah yang menjadi pengecualian adalah wilayah di sekitar pegunungan Jebal Marra. Dari sini sejumlah kelompok memperluas kekuasaannya ke kawasan lain. Suku Daju dari abad ke-14 merupakan kekuatan pertama yang dominan di Darfur. Suku ini digantikan oleh pendatang yang disebut Tunjur. Transisi ini difasilitasi lewat pernikahan. Pada akhirnya suku Tunjur mulai menikah dengan suku Fur. Dari pernikahan campur tersebut lahirlah Sultan Dali, seorang tokoh penting dalam sejarah Darfur. Dali membagi negaranya menjadi beberapa provinsi dan menetapkan undang-undang pidana dengan nama "Kitab Dali". Kemudian cucunya yang bernama Sulayman berkuasa dari tahun 1603 hingga 1637. Ia adalah seorang prajurit yang handal dan Muslim yang taat. Suleiman Solon dianggap sebagai pendiri Dinasti Keira dan Kesultanan Darfur.

Pembubaran[sunting | sunting sumber]

Kesultanan Darfur jatuh ke tangan Britania setelah sultan terakhirnya yang bernama Ali Dinar tewas dibunuh oleh pasukan Britania pada tahun 1916. Sebelumnya Ali Dinar telah memutuska nuntuk membantu Kesultanan Utsmaniyah selama Perang Dunia I. Kesultanan ini lalu menjadi bagian dari Sudan Britania.

Daftar pustaka[sunting | sunting sumber]

  • R. S. O'Fahey: The Darfur Sultanate: A History. Columbia University Press, New York 2008