Lompat ke isi

Keseruan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Anak-anak China sedang bermain salju dengan seru
Peselancar sedang menikmati olahraga mereka

Keseruan didefinisikan oleh Oxford English Dictionary sebagai "Kenikmatan, kebahagiaan, atau hiburan ringan; kegembiraan yang riuh atau kegembiraan; hiburan".[1]

Etimologi dan penggunaan[sunting | sunting sumber]

Kata seru dikaitkan dengan olahraga, media hiburan, kegembiraan yang tinggi[2], dan hiburan. Meskipun etimologinya tidak pasti[1], telah berspekulasi bahwa itu mungkin berasal dari bahasa Inggris Tengah fonne (bodoh) dan fonnen (yang membodohi yang lain).[3] Makna abad ke-18 (masih digunakan di Orkney dan Shetland[1]) adalah "menipu, menipu, tipuan", makna yang masih dipertahankan dalam frasa "mengolok-olok".[4]

Nyonya rumah akan menjawab, tetapi dicegah oleh sersan pembawa damai, sangat tidak menyenangkan Partridge, yang merupakan pencinta hebat dari apa yang disebut kesenangan , dan promotor hebat dari mereka yang tidak berbahaya. pertengkaran yang cenderung menghasilkan insiden lucu daripada tragis.
Henry Fielding, The History of Tom Jones, a Foundling (1749)[5]

Cara kata menyenangkan digunakan menunjukkan elusivitas dan kebahagiaannya yang khas. Ekspresi seperti "Selamat bersenang-senang!" dan "Itu menyenangkan!" menunjukkan bahwa kesenangan itu menyenangkan, pribadi, dan sampai batas tertentu tidak dapat diprediksi. Ungkapan seperti "Saya mengolok-olok diri saya sendiri" menyampaikan pengertian bahwa kesenangan adalah sesuatu yang dapat menghibur dan tidak dianggap serius. Kata sifat "lucu" memiliki dua arti, yang seringkali perlu diperjelas antara pembicara dan pendengar. Satu arti adalah "lucu, lucu, lucu" dan arti lainnya adalah "aneh, unik, aneh". Perbedaan-perbedaan ini menunjukkan sifat kesenangan yang cepat berlalu dan pengalaman dan kesulitan membedakan "kesenangan" dari "kenikmatan".[6]

Hilangnya kesenangan dapat dilihat ketika suatu kegiatan yang dianggap menyenangkan menjadi berorientasi pada tujuan. Banyak aktivitas fisik dan olahraga individu dianggap menyenangkan sampai peserta berusaha memenangkan kompetisi, di mana sebagian besar kesenangan mungkin hilang saat fokus individu semakin ketat. Berselancar adalah contohnya. Jika Anda adalah "jiwa lembut" (tidak dalam kompetisi atau terlibat dalam olahraga ekstrim) "sekali Anda menaiki ombak, Anda dijamin akan bersenang-senang".[7]

Kenikmatan kesenangan dapat dilihat dari berbagai upaya untuk memanfaatkan asosiasi positifnya. Misalnya, ada banyak buku tentang mata pelajaran serius, tentang keterampilan seperti musik, matematika, dan bahasa, yang biasanya cukup sulit untuk dikuasai, yang ditambahkan "kesenangan" pada judulnya.[8][9][10]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b c "fun"Perlu langganan berbayar. Oxford English Dictionary (edisi ke-Online). Oxford University Press.  Templat:OEDsub
  2. ^ Bailey, Nathan (1775). An universal etymological English dictionary: comprehending the derivations ... R. Ware, W. Innys. hlm. FU. ISBN 978-1-234-36393-2. 
  3. ^ Andreyev, Judith (2005). Wondering about Words: D'où Viennent Les Mots Anglais ?. Bréal; BREAL. hlm. 26. ISBN 978-2749503059. 
  4. ^ Cousineau, Phil (2012). The Painted Word: A Treasure Chest of Remarkable Words and Their Origins. Cleis Press. hlm. 156. ISBN 978-1-936740-25-3. 
  5. ^ Fielding, Henry (1749). The History of Tom Jones, a Foundling. Penguin Books (1966). hlm. 458 (Book 9, Ch.6). 
  6. ^ Alan Dix. "Fun Systematically" (PDF). Diarsipkan dari versi asli (PDF) tanggal 2011-06-13. Diakses tanggal November 1, 2010. 
  7. ^ Alderson, Alf (2008). Surfing: A Beginner's Guide. Chichester, England: John Wiley & Sons. Preface. ISBN 978-0-470-51654-6. 
  8. ^ Matz, Carol (2003). Famous & Fun Classic Themes – 13 Appealing Arrangements for Early Elementary to Elementary Pianists. Alfred Music Publishing. 
  9. ^ de Guzmán, Miguel (2000). The Countingbury Tales: Fun With Mathematics. River Edge, NJ, Covent Garden, London: World Scientific Publishing Company. ISBN 978-981-02-4032-5. 
  10. ^ Akiyama, Nobuo; Carol Akiyama (1999). Learn Japanese (Nihongo): The Fast and Fun Way. Barron's Educational Series. ISBN 978-0-7641-0623-1. 

Bacaan lebih lanjut[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]