Kesehatan perempuan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Ikon yang mewakili kesehatan wanita
Ikon yang mewakili kesehatan wanita

Kesehatan perempuan merujuk kepada kesehatan perempuan, yang berbeda dari laki-laki dalam beberapa cara unik. Kesehatan perempuan adalah sebuah contoh dari kesehatan masyarakat. Seringkali berkaitan dengan kesehatan produktif perempuan, beberapa kelompok memberikan definisi yang lebih luas terkait kesehatan perempuan secara keseluruhan. Perbedaan tersebut makin timbul di negara-negara berkembang di mana perempuan, yang kesehatannya meliputi risiko dan pengalaman mereka, makin tak maju.

Kesehatan perempuan di Indonesia[sunting | sunting sumber]

Meskipun usia harapan hidup kaum perempuan relatif lebih lama daripada laki-laki, urusan keluhan kesehatan tampak lebih besar. Namun, pada tahun 2023 kondisi mulai membaik, setelah salah satu indikator kualitas hidup manusia, khususnya angka harapan hidup setiap kelahiran, di Indonesia meningkat, kali ini kabar semakin membaiknya kondisi kesehatan penduduk terwujud.

Melalui salah satu hasil Survei Sosial Ekonomi Nasional (Susenas), Badan Pusat Statistik (BPS) baru saja memublikasikan bahwa proporsi keluhan penduduk terhadap kesehatan yang mereka alami saat ini menurun dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Berdasarkan hasil survei, kali ini kurang dari 30 persen penduduk yang mengeluhkan kondisi kesehatannya. Padahal, semenjak tahun 2019 lalu, proporsi penduduk yang mengeluhkan kondisi kesehatan mereka lebih besar.[1]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Nainggolan, Bestian (2021-11-27). "Soal Kesehatan, Keluhan Perempuan Lebih Tinggi". kompas.id. Diakses tanggal 2023-03-25. 

Daftar pustaka[sunting | sunting sumber]