Keruntuhan hutan hujan periode karbon

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Hutan batubara terus bertahan setelah peristiwa runtuhnya hutan hujan Karbon. Namun, komposisi hutan berubah dari yang awalnya didominasi lepidodendron menjadi didominasi oleh pakis pohon dan pakis biji. Fosil tumbuhan ini berasal dari salah satu hutan yang berumur sekitar 5 juta tahun setelah kepunahan terjadi.

Keruntuhan hutan hujan periode karbon adalah peristiwa kepunahan kecil yang terjadi sekitar 305 juta tahun yang lalu pada masa periode karbon.[1] Peristiwa ini mempengaruhi hutan batu bara luas yang menutupi wilayah khatulistiwa Euramerika (Eropa dan Amerika). Peristiwa ini mungkin juga telah memecah hutan menjadi tempat perlindungan terisolasi atau 'pulau' ekologis, yang pada gilirannya mendorong dwarfisme. Tak lama setelah itu, peristiwa ini menyebabkan kepunahan banyak spesies tumbuhan dan hewan. Setelah peristiwa tersebut, hutan tropis pembentuk batu bara tetap bertahan di sebagian besar wilayah Bumi, tetapi luas dan komposisinya berubah.

Peristiwa tersebut terjadi pada akhir Moscovian dan berlanjut ke tahap awal Kasimovian dari periode Pennsylvanian (Karbon atas).

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Sahney, S., Benton, M.J. & Falcon-Lang, H.J. (2010). "Rainforest collapse triggered Pennsylvanian tetrapod diversification in Euramerica" (PDF). Geology. 38 (12): 1079–1082. Bibcode:2010Geo....38.1079S. doi:10.1130/G31182.1. 

Bacaan lanjutan[sunting | sunting sumber]