Kernas

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Kernas adalah makanan yang terbuat dari sagu butir dan ikan tongkol yang berasal dari Natuna, Kepulauan Riau. Kernas juga bisa disebut kasam oleh sebagian penduduk di Natuna.[1] Kernas biasa disantap bersama dengan sambal asam pedas dan dijual di kedai-kedai tepi pantai, salah satunya ada di pantai Teluk Selahang atau pantai Tanjung, desa Limau manis, kecamatan Bunguran Timur Laut.[2] Tampilan luar kernas agak mirip dengan nugget dengan butiran sagu yang menonjol.[3] Selain di Natuna, kernas juga bisa ditemukan di Anambas dan Tanjung pinang.[4]

Pembuatan[sunting | sunting sumber]

Sebelum mencampurnya dengan adonan ikan, sagu disangrai terlebih dahulu setelah itu barulah diaduk bersama dengan ikan tongkol yang telah dihancurkan. Kemudian masukkan bumbu bawang merah, bawang putih, garam, cabe rawit dan ditambah sedikit air, selanjutnya adonan dibentuk bulat dan dipipihkan. Kernas pun siap digoreng.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ arman, dedi (2018-09-26). "Kernas, Nugget Ala Natuna yang Gurih". Balai Pelestarian Nilai Budaya Kepulauan Riau (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2022-07-08. 
  2. ^ MelayuPedia. "Nikmatnya Kernas, Cemilan Khas Natuna yang Mirip Nugget - melayupedia.com". www.melayupedia.com (dalam bahasa Indonesia). Diakses tanggal 2022-07-08. 
  3. ^ Aditya. "Kudapan Lezat Khas Natuna `Kernas` dari Ikan Berbalut Sagu Butir | Batamnews.co.id". www.batamnews.co.id (dalam bahasa Indonesia). Diakses tanggal 2022-07-08. 
  4. ^ "Menjajal Mi Tarempa dan Kudapan Khas Anambas". Kompas.id. 2021-11-22. Diakses tanggal 2022-07-08. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Resep kernas