Kereta kuda yang menunjuk ke selatan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Rekaan model Kereta kuda yang menunjuk ke selatan yang cara kerjanya menggabungkan gigi diferensial, dipamerkan di Museum Sains, London, Inggris.

Kereta kuda yang menunjuk ke selatan adalah sebuah kereta roda dua Tiongkok kuno yang dilengkapi penunjuk yang dapat bergerak untuk menunjukkan arah selatan, tidak peduli bagaimana kereta itu berputar. Biasanya, penunjuk berbentuk boneka atau sosok dengan lengan atau jari yang menunjuk. Kereta ini diciptakan oleh seorang insinyur mesin terkenal Tiongkok bernama Ma Jun (220-265) yang tinggal di negara Cao Wei selama periode Tiga Kerajaan, kereta ini digunakan sebagai kompas untuk navigasi atau mungkin juga untuk fungsi lainnya.

Orang Tiongkok kuno menciptakan gerobak lapis baja di abad ke-5 SM yang disebut Dongwu Che (Hanzi: 洞屋车), digunakan untuk melindungi prajurit di medan perang. Gerobak perang Tiongkok ini dirancang sebagai kereta pelindung yang dapat bergerak dengan atap seperti gudang. Kereta perang ini juga berfungsi untuk memberikan perlindungan bagi para sapper yang sedang bekerja menggali tanah untuk melemahkan fondasi benteng atau tembok musuh. Gerobak perang Tiongkok ini yang menjadi dasar teknologi untuk pembuatan kereta kuda yang menunjuk ke selatan.[1][2]

Catatan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Haskew, Michael E; Jorgensen, Christer; McNab, Chris; Niderost, Eric (2008). Fighting Techniques of the Oriental World 1200-1860. Metro Books. hlm. 179. ISBN 978-1905704965. 
  2. ^ Lu, Yongxiang (2014). A History of Chinese Science and Technology. 3. Springer (dipublikasikan tanggal October 20, 2014). hlm. 516. ISBN 978-3662441626. 

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]