Kereta api Arjuno Ekspres

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Kereta api Arjuno Express)
Kereta api Arjuno Ekspres
ka Arjuno Ekspres
Malang ⇋ Surabaya Gubeng
Kereta api Arjuno Ekspres melintas di Kertajaya, Gubeng, Surabaya
Informasi umum
Jenis layananKereta api aglomerasi
StatusBeroperasi secara fakultatif
Daerah operasiDaerah Operasi VIII Surabaya
PendahuluKA Tambahan SGU ML
Songgoriti
Mulai beroperasi19 Maret 2021
Operator saat iniKereta Api Indonesia
Lintas pelayanan
Stasiun awalMalang
Stasiun akhirSurabaya Gubeng
Jarak tempuh93 km
Waktu tempuh rerata1 jam 55 menit
Frekuensi perjalananSatu kali keberangkatan pada jadwal pagi
Jenis relRel berat
Pelayanan penumpang
KelasEksekutif
Pengaturan tempat duduk50 tempat duduk disusun 2-2
kursi dapat direbahkan dan diputar
Fasilitas restorasiAda
Fasilitas observasiKaca panorama dupleks dengan tirai dan lapisan laminasi isolator panas
Fasilitas hiburanAda
Fasilitas bagasiAda (bukan kereta bagasi)
Fasilitas lainLampu baca, toilet, alat pemadam api ringan, rem darurat, penyejuk udara, dan peredam suara
Teknis sarana dan prasarana
Lebar sepur1.067 mm
Kecepatan operasional60–100 km/jam
Pemilik jalurDitjen KA, Kemenhub RI
Nomor pada jadwal83F–84F

Kereta api Arjuno Ekspres merupakan layanan kereta api penumpang kelas eksekutif yang dioperasikan oleh Kereta Api Indonesia untuk menghubungkan Malang dengan Surabaya Gubeng di lintas timur Pulau Jawa. Kereta ini menggunakan "idle" rangkaian Brawijaya yang sedang menggangur dinas.

Pengoperasian[sunting | sunting sumber]

Kereta api ini pertama kali dioperasikan pada 19-22 Maret 2021 sebagai kereta api fakultatif, yakni hanya beroperasi pada hari-hari tertentu (Jumat, Sabtu, Minggu).[1] Perjalanan dari Surabaya menuju Malang dan sebaliknya dengan jarak tempuh sekitar 93 kilometer ditempuh dalam waktu sekitar 2 jam dan hanya berhenti di Stasiun Waru (arah Malang), Sidoarjo, Bangil, dan Lawang.

Asal Usul[sunting | sunting sumber]

Nama Arjuno sendiri berasal dari gunung berapi kerucut tidak aktif bernama Gunung Arjuno yang terletak di perbatasan Kota Batu, Kabupaten Malang, Kabupaten Pasuruan dan berada di bawah pengelolaan Taman Hutan Raya Raden Soerjo. selain itu Nama Arjuno berasal dari salah satu tokoh pewayangan Mahabharata, Arjuna.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Sebelum adanya kereta api Arjuno Ekspres, dahulu Kereta api Arjuna Ekspres yang pernah melayani rute Surabaya-Madiun. Kereta api ini beroperasi menggunakan armada KRDI buatan INKA, tetapi tidak dilengkapi penyejuk udara. Karena memiliki tingkat okupansi penumpang yang rendah dibawah 50% serta sering mengalami gangguan teknis, kereta api Arjuna Ekspres pada akhirnya berhenti beroperasi sekitar tahun 2016.

Kereta api Arjuno Ekspres menggunakan sarana delapan kereta eksekutif dengan total kapasitas 400 penumpang. Saat Gapeka 2021 berlaku, terdapat 2 jenis rangkaian yang digunakan oleh KA Arjuno Ekspres, yaitu mild steel dan stainless steel. Untuk keberangkatan pagi (dari Surabaya) dan siang (dari Malang), KA Arjuno Ekspres menggunakan rangkaian baja nirkarat milik Turangga (Bandung-Surabaya Gubeng) yang sedang beristirahat. Sedangkan untuk keberangkatan pagi (dari Malang) dan keberangkatan siang (dari Surabaya), KA Arjuno Ekspres menggunakan rangkaian baja ringan milik Brawijaya (Gambir-Malang) yang baru saja tiba di Malang, kemudian langsung digunakan untuk KA Arjuno Ekspres.

Mulai 1 Juni 2023, diikuti dengan pemberlakuan grafik perjalanan kereta api atau Gapeka tahun 2023, Kereta Api Arjuno Ekspres hanya tersedia satu kali perjalanan pulang-pergi secara fakultatif dengan memanfaatkan rangkaian kereta api Brawijaya dengan menggunakan rangkaian mild steel. Perjalanan Kereta Api Arjuno Ekspres dengan rangkaian stainless steel atau rangkaian Turangga dihapus karena kereta api Turangga sendiri bertukar rangkaian dengan Kereta Api Argo Wilis.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Ibrahim, Malik (2021-03-17). Susilo, Tunggul, ed. "Daop 8 Surabaya luncurkan KA Arjuno Ekspres relasi Surabaya-Malang". Surabaya. LKBN Antara. Diakses tanggal 2021-03-18. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

(Indonesia) Situs web resmi PT Kereta Api Indonesia