Kereta Api Listrik Odakyu

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Odakyu Electric Railway Co., Ltd. (小田急電鉄株式会社 Odakyū Dentetsu Kabushiki-gaisha?) , atau OER, adalah sebuah perusahaan kereta api utama yang berbasis di Tokyo, Jepang, paling dikenal karena seri kereta api Romancecar yang merupakan kereta api ekspress terbatas dari menuju Odawara, Enoshima, Kota Baru Tama, dan Hakone.

Kereta Api Listrik Odakyu merupakan inti dari Odakyu Group, yang terdiri dari 102 perusahaan (pada 1 Agustus 2012) dan juga termasuk Kereta Api Listrik Enoshima, Kereta Api Hakone Tozan, Odakyu Bus, Odakyu Department Store, dan hotel Hyatt Regency Tokyo.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Odakyu 50000 series VSE Romancecar di dekat stasiun Shin-Yurigaoka

Jalur sepanjang 83 dari Shinjuku menuju Odawara dibuka pada 1 April 1927. Tidak seperti jalur kereta api Odawara, jarang sekali jarngan kereta api swasta Jepang sebelum Perang Dunia II dibangun dengan jalur ganda dan dielektrifikasi sejak hari pertama operasional. Dua tahun kemudian, Jalur Kereta Api Enoshima ditambahkan.

Nama lengkap perusahaan kereta api ini pada awalnya adalah Odawara Express Railway Co., Ltd. (小田原急行鉄道株式会社 Odawara Kyūkō Tetsudō Kabushiki-gaisha?) ,[1] namun sering kali disingkat menjadi Odawara Kyūkō (小田原急行?, "Odawara Express") . Akronim Odakyu menjadi populer karena menjadi judul lagu utama film Tokyo Kōshinkyoku tahun 1929 dan menjadi nama resmi kereta api mulai 1 Maret 1941.[2]

Pada 1 Mei 1942, Odakyu bergabung dengan perusahaan Kereta Api Listrik Tokyo-Yokohama (sekarang Tokyu Corporation), yang mengendalikan seluruh layanan kereta api swasta di bagian barat dan selatan Tokyo di akhir Perang Dunia II. Perusahaan kembali mandiri pada 1 Juni 1948, dan membeli sebagian besar saham Kereta Api Hakone Tozan, dan juga melepas Jalur Keio Inokashira untuk Keio Corporation. Odakyu memulai kembali layanan cepat terbatas ekspress antara Shinjuku dan Odawara pada tahun 1948. Pada tahun 1950, kereta api milik Odakyu membuka rute menuju Hakone-Yumoto melalui Jalur Hakone Tozan. Odakyu menggunakan sepur sempit 1.067 mm (3 ft 6 in) narrow gauge namun Kereta Api Hakone Tozan Railway menggunakan sepur standar 1.435 mm (4 ft 8 12 in), sehingga salah satu jalur dari Odawara menuju Hakone-Yumoto (6,1 km) diubah ke sistem sepur ganda. Odakyu mengoperasikan kereta ekspres terbatas Romancecar (1710 series) pertama pada tahun 1951.

Setelah tahun 1950an, karena pertumbuhan pesat ekonomi Jepang, Odakyu menghadapi ledakan peningkatan populasi penduduk di sekitar jalurnya. Penumpang komuter harus menggunakan kereta yang sangat padat setiap pagi, dan terdapat protes keras karena pertambahan keterlambatan dari perusahaan. Odakyu memulai pembangunan "Proyek Pengembangan Besar Stasiun Shinjuku" yang terdiri dari 5 jalur dan 10 peron yang cukup panjang bagi 10 gerbong komuter standar dengan layanan pada Jalur Chiyoda Line, bersama dengan yang lain. Rencana sistem empat lajur pada tahun 1964 ditolak oleh penduduk Kawasan Setagaya di Tokyo, sehingga sistem ini tidak pernah selesai. Penolakan penduduk Setagaya berlangsung dalam jangka waktu lama dan dibawa hingga pengadilan dan badan legislatif. Odakyu tidak mengambil bagian utama dalam transportasi dari wilayah Kota Baru Tama, meskipun Odakyu memulai operasi di Jalur Tama pada tahun 1974. Untuk melayani Taman Hiburan Mukōgaoka-Yūen miliknya, Odakyu mengoperasikan Jalur Monorel Mukōgaoka-Yūen antara Mukōgaoka-Yūen dan Mukōgaoka-Yūen-Seimon (1,1 km, 2 stasiun) mulai tahun 1966 menggunakan sistem monorel buatan Lockheed Corporation; sistem ini ditutup pada tahun 2001 bersamaan dengan penutupan taman hiburan.

KRL Odakyu 1000 series

Sejak tahun 2000, Odakyū menambah jalur di kedua arah dari Stasiun Izumi-Tamagawa, di atas Sungai Tama, stasiun perbatasan Tokyo, menuju sisi luar dari Stasiun Setagaya-Daita untuk memperluas keberadaan kereta api ekspres, khususnya untuk layanan komuter pagi. Namun, Jalur antara Setagaya-Daita dan Stasiun Higashi-Kitazawa masih dalam pembangunan. Odakyu mengumumkan bahwa leher botol tersebut akan terurai pada tahun 2013.

Dengan beberapa pengecualian, seluruh jalurnya merupakan jalur ganda atau kuartet, dan Jalur Odawara sendiri berfungsi sebagai jalan pintas bagi Jalur Tōkaidō dari Tokyo menuju Kanagawa barat.Romancecar 3000 series "SE" diuji pada kecepatan hingga 145 km/jam pada tahun 1957, meraih rekor dunia bagi sepur sempit 1.067 mm (3 ft 6 in) pada saat itu. Uji coba tersebut juga menyediakan data pening pada kereta rel listrik (KRL) kecepatan tinggi, yang digunakan oleh Kereta Api Nasional Jepang (JNR) untuk layanan KRL cepat terbatasnya, 151 series, dan Shinkansen 0 Series yang diperkenalkan pada awal tahun 1960an.

Odakyu merayakan ulang tahun ke-80nya pada bulan April 2007. Perayaan ulang tahun ke-50 Romancecar dilakukan pada bulan September 2007.

Odakyu saat ini menjadi sponsor bagi tim sepak bola Machida Zelvia.

Jalur[sunting | sunting sumber]

Odakyu secara langsung memiliki tiga jalur kereta api, dan tiga lainnya melalui anak perusahaannya. Perusahaan ini juga mengoperasikan kereta api melewati Jalur Tokyo Metro Chiyoda, Jalur Jōban milik JR East, dan Jalur Gotemba milik JR Central.

Jalur Bagian Panjang (km) Stasiun Tanggal dibuka
Jalur Odawara

Shinjuku - Odawara 82.5 47 1 April 1927
Jalur Enoshima

Sagami-Ōno - Katase-Enoshima 27.4 17 1 April 1929
Jalur Tama

Shin-Yurigaoka - Karakida 10.6 8 1 Juni 1974 (sebagian)

27 Maret 1990 (penuh)

Total 3 jalur 120.5 70
  • Tidak termasuk jalur penghubung antara Jalur Odawara dan Jalur Gotemba milik JR Central di dekat Stasiun Shin-Matsuda.
  • Banyak kereta api Odakyu di Jalur Tama (dan kereta api tertentu di Jalur Odawara dari Hon-Atsugi berlanjut hingga Jalur Chiyoda dan Jōban ke stasiun Ayase dan Toride. Layanan ini dimulai pada tahun 1978 antara stasiun Hon-Atsugi dan Abiko.
  • Beberapa kereta api Odakyū berlanjut ke Jalur Hakone Tozan menuju Hakone-Yumoto.
  • Kereta api ekspres terbatas Asagiri berjalan dari Shinjuku melalui Jalur Gotemba milik JR Central menuju Stasiun Numazu delapan kali sehari.

Kereta Api Listrik Odakyu di media[sunting | sunting sumber]

Kereta Api Odakyu masuk dalam beberapa rogram simulator kereta api berbahasa Jepang dan program berbahasa Inggris seperti Microsoft Train Simulator. Microsoft Train Simulator menggunakan jalur Odawara dan Hakone Tozan, digabungkan dengan menjadi rute "Tokyo-Hakone".

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Ubukata, Yoshio & Morokawa, Hisashi (1988).
  2. ^ Seidensticker, Edward (1990).

Pranala luar[sunting | sunting sumber]