Keraton, Martapura, Banjar

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Keraton
Kelurahan
Kantor kelurahan Keraton
Negara  Indonesia
Provinsi Kalimantan Selatan
Kabupaten Banjar
Kecamatan Martapura
Kodepos 70611
Luas ... km²
Jumlah penduduk ... jiwa
Kepadatan ... jiwa/km²

Keraton adalah salah satu kelurahan yang terletak di Kecamatan Martapura, Kabupaten Banjar, Provinsi Kalimantan Selatan, Indonesia.

Sejarah asal usul nama Martapura (Kampung Keraton)[sunting | sunting sumber]

Hikayat Banjar dan Kotawaringin menyebutkan:[1]

Riwayat[sunting | sunting sumber]

Pada Tahun 1771, Sunan Sulaiman Saidullah I (Sunan Nata Alam) memindah keraton Banjar dari Kayutangi ke Bumi Kencana (Martapura). Bumi Selamat adalah sebutan untuk kompleks keraton Sultan Banjar di Martapura. Kediaman Sultan atau nDalem Sultan disebut Dalam Sirap. Nama Keraton Bumi Selamat baru dipergunakan sejak tahun 1806, sedangkan sebelumnya disebut Keraton Bumi Kencana (antara tahun 1771-1806).

Nama Keraton[sunting | sunting sumber]

Tentang nama Keraton Bumi Selamat dapat dibaca pada perjanjian antara Kerajaan Banjar dengan Belanda pada tanggal 11 Agustus 1806.

Ini hormat sudah kita sempurnakan serta kita patrikan tiap-tiap di mana tempat paseban Dalam negeri Bumi kintjana jang sekarang ganti nama Bumi Selamat. Sebelas hari dari bulan Agustus tahun seribu delapan ratus enam

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b (Melayu)Johannes Jacobus Ras, Hikayat Banjar diterjemahkan oleh Siti Hawa Salleh, Percetakan Dewan Bahasa dan Pustaka, Lot 1037, Mukim Perindustrian PKNS - Ampang/Hulu Kelang - Selangor Darul Ehsan, Malaysia 1990.