Kerajaan Bali

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari

Kerajaan Bali merupakan istilah untuk kerajaan-kerajaan yang pernah memerintah di Bali. Adapun kerajaan-kerajaan tersebut terbagi dalam beberapa masa sesuai dinasti yang memerintah saat itu.

Sumber Berita Kerajaan Bali[sunting | sunting sumber]

Berita yang cukup tentang Pulau Bali adalah prasasti yang berangka 881 M. Bahasa yang di pakai adalah Bahasa Bali Kuno. Ada juga prasasti yang tertulis dalam bahasa Sanskerta. Pada abad ke- 11 sudah ada berita dari Cina yang menjelaskan tentang tanah Po-Li ( bali ). Berita Cina itu menyebutkan bahwa adat istiadat penduduk di tanah Po-Li hampir sama dengan masyarakat Ho-ling(Kalingga). Penduduknya menulis di atas daun lontar. Bila orang meninggal, mulutnya di masukan emas kemudian dibakar. Adat semacam ini masih berlangsung di Bali. Adat itu dinamakan ''Ngaben''. Salah satu keluarga terkenal yang memerintah Bali adalah Wangsa Warmadewa. Hal itu dapat diketahui dari Prasati Blanjong berangka 914 ditemukan di Desa Blanjong, dekat Sanur, Denpasar, Bali. Tulisannya bertulisan Nagari(India), dan sebagian berbahasa Sanskerta. Diberitakan bahwa raja yang memerintah adalah Raja Khesari Warmadewa. Pada tahun 915, Khesari Warmadewa digantikan oleh Ugrasena

Raja yang terkenal dari Wangsa Warmadewa[sunting | sunting sumber]

Raja dari Wangsa Warmadewa yang pernah memerintah Bali salah satunya yang terkenal ialah:

Sri Candrabhayasingha Warmadewa[sunting | sunting sumber]

Raja Sri Candrabhayasingha Warmadewa membangun pemandian di Desa Manukraya. Nama pemandian itu adalah Tirta Empul yang berarti air timbul. Pemandian itu dekat dengan Istana Tampaksiring.

Refensi[sunting | sunting sumber]