Kepulauan Pongok, Bangka Selatan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
Kepulauan Pongok
Kecamatan
Negara  Indonesia
Provinsi Kepulauan Bangka Belitung
Kabupaten Bangka Selatan
Pemerintahan
 • Camat Iqbal
Luas 92,128 km
Desa/kelurahan 2

Kepulauan Pongok adalah sebuah kecamatan di kabupaten Bangka Selatan, Kepulauan Bangka Belitung, Indonesia.

Kecamatan Kepulauan Pongok merupakan kecamatan yang baru dimekarkan dari Kecamatan Lepar Pongok yang diresmikan pada tanggal 12 Juli 2012 oleh Bupati Bangka Selatan. Kecamatan Kepulauan Pongok merupakan kecamatan yang terdiri dari 2 pulau yaitu Pulau Pongok dan Pulau Celagen. Dengan luas wilayah sebesar 92,128 km, Kecamatan Kepulauan Pongok secara administratif terbagi menjadi 2 Desa yaitu, Pongok dan Celagen.

Secara geografis Kecamatan Kepulauan Pongok berbatasan dengan Selat Gaspar di sebelah utara dan timur, Laut Jawa di sebelah selatan. Lokasi yang berbatasan dengan laut tersebut, menjadikan semua desa di Kecamatan Kepulauan Pongok merupakan desa pesisir.

Tahun 2011 berdasarkan hasil sensus penduduk jumlah penduduk Kecamatan Kepulauan Pongok menjadi 5.024 jiwa dengan kepadatan penduduk 44 jiwa per km.[1]

Sektor Perikanan merupakan salah satu sektor utama dalam perekonomian Kecamatan Kepulauan Pongok, karena merupakan kontributor terbesar terhadap PDRB Kecamatan Kepulauan Pongok, karena banyak penduduk di Kecamatan Kepulauan Pongok sebagai nelayan.

Asal Kata Pongok

Ada dugaan Kata Pongok berasal dari kata "Pongo" dari nama ilmiah kera atau monyet. Penyebutan ini disematkan oleh orang-orang terdahulu, terutama orang asing karena pulau ini banyak dihuni oleh sekawanan kera atau monyet. Legenda tentang kera atau monyet masih hidup hingga sekarang, bahkan sebagian penduduk kepulauan pongok mengaku pernah bertemu dengan Mawang, yaitu monyet yang digambarkan perawakan tubuhnya hingga cara berjalannya mirip manusia.