Kepulauan Gili

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Kepulauan Gili
Geografi
LokasiAsia Tenggara
Koordinat8°21′S 116°04′E / 8.35°S 116.06°E / -8.35; 116.06Koordinat: 8°21′S 116°04′E / 8.35°S 116.06°E / -8.35; 116.06
KepulauanKepulauan Nusa Tenggara
Luas15 km2
Titik tertinggi60 m
Pemerintahan
NegaraIndonesia
Demografi
Pendudukdiperkirakan 4.439 penduduk tetap jiwa
Kepulauan Gili & Gunung Rinjani, Lombok, Indonesia.

Kepulauan Gili atau Tiga Gili adalah kepulauan yang terdiri dari tiga pulau kecil atau pulau Gili kembar tiga[1] — Gili Trawangan, Gili Meno, dan Gili Air — tepat di lepas pantai barat laut Lombok, Indonesia.

Kepulauan ini merupakan destinasi wisata populer bagi wisatawan. Setiap pulau memiliki beberapa sanggraloka kecil, biasanya terdiri dari kumpulan pondok untuk wisatawan, kolam kecil, dan restoran. Sebagian besar penduduk lokal tinggal di Trawangan di kota yang membentang di sepanjang sisi timurnya di pedalaman (yang juga merupakan tempat di mana perkembangan terakhir terjadi). Lalu lintas mobil dan kendaraan bermotor dilarang di kepulauan ini oleh peraturan setempat, dengan demikian metode transportasi yang disukai adalah dengan berjalan kaki dan bersepeda atau kereta yang ditarik kuda yang disebut cidomo. Penyelaman skuba dan bebas di dan sekitar Kepulauan Gili juga populer karena berlimpahnya kehidupan laut dan formasi karang yang menarik. Tempat menyelam yang paling terkenal adalah titik Hiu, titik Manta, dan karang Simon.[2]

Etimologi[sunting | sunting sumber]

Nama "Kepulauan Gili" adalah keliru, karena Gili hanya berarti "pulau kecil" dalam bahasa Sasak. Akibatnya, sebagian besar pulau di sekitar pantai Lombok menggunakan Gili dalam nama mereka, meskipun kebingungan dihindari dengan menyebut Gili lain (dalam bahasa Inggris) di sekitar pantai Lombok hanya dengan nama yang sebenarnya.

Galeri[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Tourist Destinations Information". Tourist Destinations (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2018-01-24. 
  2. ^ Lonely Planet guide to Bali & Lombok, Lonely Planet Publications, Melbourne, (2005)