Kepulauan Chincha

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Kepulauan Chincha
Islas Chincha  (Spanyol)
Chincha Islands - panoramio.jpg
Pemandangan sebagian pulau
Geografi
LokasiSamudra Pasifik
KoordinatTemplat:Coords
Pulau besarChincha Norte, Chincha Centro, Chincha Sur
Pemerintahan
Negara
RegionIca
Informasi tambahan

Kepulauan Chincha (bahasa Spanyol: Islas Chincha) adalah kepulauan yang terdiri dari tiga pulau kecil yang terletak sejauh 21 km di dari pesisir barat daya Peru. Kepulauan ini terletak tidak jauh dari kota Pisco. Semenjak masa pra-Inka, kepulauan ini telah menjadi daya tarik tersendiri karena memiliki sumber daya guano, tetapi sumber daya ini sudah habis pada tahun 1874.

Geografi[sunting | sunting sumber]

Kepulauan Chincha pada tahun 1866.

Pulau terbesar di kepulauan ini, Isla Chincha Norte, memiliki panjang 1,3 km dan lebar 1 km, dan ketinggiannya mencapai 34 m. Isla Chincha Centro yang terletak di sebelah selatan pulau tersebut memiliki ukuran yang hampir sama, sementara ukuran Isla Chincha Sur lebih kecil setengah. Kepulauan ini terdiri dari granit dan dikelilingi oleh tebing di segala sisi; tebing-tebing tersebut menjadi tempat bersarangnya burung-burung laut.[1]

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Kepulauan ini pernah menjadi tempat tinggal orang Chincha, tetapi tidak banyak dari mereka yang masih tersisa saat ini. Peru mulai mengekspor guano pada tahun 1840. Pada saat Spanyol masih belum mengakui kemerdekaan Peru (Spanyol baru mengakuinya pada tahun 1879), mereka menginginkan keuntungan dari sumber daya guano dan menduduki kepulauan ini pada April 1864, sehingga memicu Perang Kepulauan Chincha (1864–1866).

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Wikisource-logo.svg Chisholm, Hugh, ed. (1911). "Chincha Islands". Encyclopædia Britannica (edisi ke-11). Cambridge University Press.