Kepulauan Chagos

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
Peta Kepulauan Chagos

Kepulauan Chagos adalah tujuh atoll yang terdiri dari lebih dari 60 pulau tropis di Samudra Hindia yang terletak sekitar 500 kilometer di sebelah selatan Maladewa. Gugusan kepulauan ini merupakan kepulauan paling selatan di Bubungan Chagos-Lakadewa yang merupakan pegunungan bawah laut terpanjang di Samudra Hindia.[1]

Secara resmi kepulauan ini merupakan bagian dari Teritori Samudra Hindia Britania. Kepulauan ini pernah menjadi tempat tinggal orang Chagos yang menuturkan bahasa Kreol Chagos. Mereka merupakan keturunan budak yang dibawa ke kepulauan tersebut oleh Perancis, tetapi mereka dipaksa pindah oleh pemerintah Britania Raya dari tahun 1967 hingga 1973 agar Amerika Serikat dapat mendirikan pangkalan militer di Diego Garcia, pulau terbesar di Kepulauan Chagos. Semenjak tahun 1971, hanya atoll Diego Garcia yang dihuni oleh manusia, dan para penghuninya hanyalah personil militer dan petugas yang berwenang.

Kedaulatan Kepulauan Chagos dipersengketakan oleh Britania Raya dan Mauritius. Britania Raya memisahkan kepulauan ini dari Mauritius tiga tahun sebelum kemerdekaan negara tersebut.[2][3]

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ World Wildlife Fund (2001). "Maldives-Lakshadweep-Chagos Archipelago tropical moist forests". WildWorld Ecoregion Profile. National Geographic Society. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2010-03-08. 
  2. ^ "Time for UK to Leave Chagos Archipelago". Real clear world. Diakses tanggal 12 July 2012. 
  3. ^ Nichols, Michelle (22 June 2017). "U.N. asks international court to advise on Chagos; Britain opposed". Reuters. Diakses tanggal 23 June 2017.