Kepudang-sungu besar

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
Kepudang-sungu besar
Black faced cukoo shrike 1.jpg
Status konservasi
Klasifikasi ilmiah
Kingdom: Animalia
Filum: Chordata
Kelas: Aves
Ordo: Passeriformes
Famili: Campephagidae
Genus: Coracina
Spesies: C. novaehollandiae
Nama binomial
Coracina novaehollandiae
Gmelin, 1789

Kepudang-sungu besar (Coracina novaehollandiae) adalah spesies burung dalam famili Campephagidae.

Penyebaran dan subspesies[sunting | sunting sumber]

Terdiri dari tiga subspesies, dengan daerah persebaran:[2]

  1. C. n. subpallida (Mathews, 1912), berbiak di Australia tengah-barat (Pilbara); musim tidak-berbiak sampai Sunda Kecil dan Kepulauan Kai.
  2. C. n. melanops (Latham, 1801), berbiak di Australia selatan, timur dan utara serta pulau-pulau lepas pantainya, juga di Papua bagian tenggara; musim tidak berbiak di Maluku, Sunda Kecil, dan Pulau Papua bagian timur sampai Kepulauan Salomon barat.
  3. C. n. novaehollandiae (J. F. Gmelin, 1789), berbiak di Tasmania dan kepulauan di Bass Strait (King I, Furneaux Group); musim tidak berbiak di Australia tenggara.

Tempat hidup dan kebiasaan[sunting | sunting sumber]

Umum di pedesaan terbuka di Papua selatan dan tenggara, pada musim dingin pengunjung dari Australia dapat ditemui di lembah pegunungan tengah yang terbuka sampai ketinggian 1200 m dpl. Biasanya dalam kelompok-kelompok kecil atau kawanan yang bermigrasi terdiri dari selusin atau lebih. Mencari makan di savana, vegetasi pesisir, perkebunan, atau kawasan perkotaan. Memakan serangga. Melipat sayapnya dengan gelisah seperti jenis lainnya dalam suku Campephagidae ini.[2]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ BirdLife International (2012). "Coracina novaehollandiae". IUCN Red List of Threatened Species. Version 2013.2. International Union for Conservation of Nature. Diakses tanggal 26 November 2013. 
  2. ^ a b "Kepudang-sungu Besar". Kutilang Indonesia. Diakses tanggal 31 Maret 2014.