Kepangeranan Aschaffenburg

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Kepangeranan Aschaffenburg

Fürstentum Aschaffenburg
1803–1810
Bendera Aschaffenburg
Bendera
{{{coat_alt}}}
Lambang
StatusNegara klien Kekaisaran Prancis Pertama
Negara anggota Konfederasi Rhein
Ibu kotaAschaffenburg
PemerintahanKepangeranan
Era SejarahPeperangan era Napoleon
• Pendirian
1803
• Digabung dengan Keharyapatihan Frankfurt
1810
• Menjadi wilayah Bayern
1814
Didahului oleh
Digantikan oleh
Coat of arms of the Archbishopric of Mainz Keuskupan Agung Mainz
Keharyapatihan Frankfurt
Sunting kotak info
Sunting kotak info • Lihat • Bicara
Info templat
Bantuan penggunaan templat ini

Kepangeranan Aschaffenburg (Jerman: Fürstentum Aschaffenburg) adalah sebuah kepangeranan di Kekaisaran Romawi Suci dan Konfederasi Rhein yang berdiri dari tahun 1803 hingga 1810. Kepangeranan ini beribu kota di Aschaffenburg.

Setelah Keuskupan Agung Mainz disekularisasi pada tahun 1803, Karl Theodor Anton Maria von Dalberg diberi kompensasi dan memperoleh wilayah Kepangeranan Aschaffenburg, Kepangeranan Regensburg dan Grafschaft Wetzlar yang baru saja dibentuk. Kepangeranan ini terdiri dari kota Aschaffenburg, Klingenberg, Lohr, Aufenau, Stadtprozelten, Orb, dan Aura.

Kepangeranan ini menjadi anggota Konfederasi Rhein pada tahun 1806 setelah dibubarkannya Kekaisaran Romawi Suci. Pada tahun 1810, Napoleon menyerahkan wilayah Regensburg milik Dalberg kepada Kerajaan Bayern, dan sebagai gantinya Dalberg diberi wilayah Hanau dan Fulda. Dalberg menggabungkan wilayahnya yang tersisa di Aschaffenburg, Frankfurt, Wetzlar, Hanau, dan Fulda, menjadi satu negara yang disebut Keharyapatihan Frankfurt. Namun, kota Aschaffenburg tetap menjadi tempat tinggal Dalberg. Wilayah Aschaffenburg dicaplok oleh Bayern pada tahun 1814.

Referensi[sunting | sunting sumber]