Kepangeranan-Keuskupan Hildesheim

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Kepangeranan-Keuskupan Hildesheim
Hochstift Hildesheim
Vasal
1235–1803


Lambang

Wilayah Hildesheim pada tahun 1789 (di tengah, sebelah kiri Braunschweig-Wolfenbüttel
Ibu kota Hildesheim
Bahasa Ostfalen
Bentuk pemerintahan Kepangeranan
Era sejarah Abad Pertengahan
 -  Pendirian keuskupan 815
 -  Mendapat status reichsfreiheit 1235
 -  Bergabung dengan Lingkaran Sachsen Hilir 1500
 -  Perang Keuskupan Hildesheim 1519–23
 -  Disekularisasi dan menjadi wilayah Prusia 1803
 -  Menjadi wilayah Hannover 1815
Pendahulu
Pengganti
Duchy of Saxony Kadipaten Sachsen
Kerajaan Prusia

Kepangeranan-Keuskupan Hildesheim (bahasa Jerman: Hochstift Hildesheim) adalah negara bagian Kekaisaran Romawi Suci dari abad pertengahan hingga tahun 1803. Wilayah ini dikuasai oleh Uskup Hildesheim, sehingga penguasanya memiliki wewenang duniawi dan gerejawi sebagai pangeran-uskup. Negara ini dinamai dari ibu kotanya, Hildesheim.

Setelah Kadipaten Sachsen ditaklukkan oleh Kerajaan Franka, Kaisar Karel yang Agung pada tahun 800 mendirikan sebuah keuskupan misionaris di istananya di Elze (Aula Caesaris), sekitar 19 km di sebelah barat Hildesheim. Anaknya Ludwig yang Saleh mendirikan Keuskupan Hildesheim pada tahun 815 yang dipersembahkan untuk Bunda Maria.

Selama pertemuan Dewan Kekaisaran Romawi Suci Mainz pada tanggal 15 Agustus 1235, Uskup Konrad II diakui sebagai pangeran-uskup Hildesheim oleh Kaisar Friedrich II. Akibatnya, Hildesheim mulai turut campur dalam urusan wilayah tetangganya, seperti di kadipaten Braunschweig-Lüneburg yang dikuasai oleh Wangsa Welf. Hal ini memicu Perang Keuskupan Hildesheim pada tahun 1519-1523 yang membuat Hildesheim kehilangan banyak wilayah.

Pada abad ke-16, wilayah Hildesheim dan sekitarnya menjadi Protestan, tetapi keuskupan ini tetap dapat mempertahankan kemerdekaannya dari negara-negara Protestan tetangga, seperti Braunschweig-Lüneburg. Dua abad kemudian, selama proses mediatisasi Jerman pada tahun 1803, keuskupan ini disekularisasi dan dibubarkan. Wilayahnya pertama-tama diberikan kepada Kerajaan Prusia, tetapi empat tahun kemudian wilayah ini diserahkan kepada Kerajaan Westfalen. Seusai kekalahan Napoleon, Kongres Wina pada tahun 1815 menyerahkan wilayah Hildesheim kepada Kerajaan Hannover.

Distrik (Ämter)[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]