Kepala Suku Joseph

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Hinmatóowyalahtq̓it
(Ketua Joseph)
Nama asalHinmatóowyalahtq’it
Lahir(1840-03-03)3 Maret 1840
Lembah Wallowa, Oregon
Meninggal21 September 1904(1904-09-21) (umur 64)
Reservasi Indian Colville, Washington, Amerika Serikat
Sebab meninggalPenyebab alami, "Jantung rusak", menurut dokternya
MakamNespelem, Washington
Nama lain
  • Ketua Joseph
  • Joseph si Muda
  • Joseph Muda
PendahuluJoseph the Elder (ayah)
Suami/istri
  • Heyoon Yoyikt
  • Springtime
AnakJean-Louise (putri)
Tanda tangan

Hin-mah-too-yah-lat-kekt, Hinmatóowyalahtq̓it dalam ortografi Amerikanis, yang lebih dikenal sebagai Ketua Joseph, atau Joseph Muda (3 Maret 1840–21 September 1904), menggantikan ayahnya Tuekakas (Ketua Joseph si Tua) sebagai pemimpin dari kelompok Wal-lam-wat-kain (Wallowa) dari Nez Perce, sebuah suku pribumi Amerika Asli di Lembah Wallowa di timur laut Oregon, di bagian dalam wilayah Barat Laut Pasifik di Amerika Serikat.

Latar belakang[sunting | sunting sumber]

Kedua Joseph lebih dengan nama Hinmuuttu-yalatlat (nama alternatifnya Hinmaton-Yalaktit atau Hin-mah-too-yah-lat-kekt, Nez Perce: "Gemuruh Mengitari Gunung", atau Hinmatóoyalahtq'it – “Gemuruh datang ke wilayah tinggi”)[1] di Lembah Wallowa di sebelah utara Oregon Timur. Ia dikenal sebagai Joseph Muda pada masa mudanya karena ayahnya, Tuekakas,[2] dibaptis dengan nama Kristen yang sama, yang kemudian menjadi dikenal sebagai "Joseph Tua" atau "Joseph si Tua."[3]

Film dan buku tentang Ketua Joseph[sunting | sunting sumber]

Sebuah kutipan dari Joseph di The American Adventure di paviliun World Showcase di Epcot di Walt Disney World.

Ketua Joseph digambarkan dalam puisi, buku, episode televisi, dan film fitur. Kata Ketua Joseph disebutkan dalam sebuah puisi yang dibuat pada 1982 yang berjudul "Chief Joseph of the Nez Perce" karya Robert Penn Warren. Dalam buku fiksi anak-anak, Thunder Rolling in the Mountains, karya peraih medali Newbery Scott O'Dell dan Elizabeth Hall, cerita dari Ketua Joseph yang diceritakan oleh putri Joseph, Suara yang Mengitari Kaki.

Pada episode 1958 "The Gatling Gun" dari serial televisi barat ABC/Desilu, The Life and Legend of Wyatt Earp, deputi A.S. Marsekal Wyatt Earp, yang diperankan oleh Hugh O'Brian, dan pemandunya, "Tuan Sepupu" (Rico Alaniz), mendapatkan tugas dari Jenderal Sherman untuk mendapatkan kembali senapan Gatling yang direbut oleh Nez Perce. Richard Garland berperan sebagai Ketua Joseph. Episode tersebut mengambil latar belakang di Idaho, yang jauh dari Kota Dodge, Kansas, dimana Earp berbasis.[4]

Ketua Joseph digambarkan secara simpatik dalam sebuah novel tentang Perang Nez Perce karya Will Henry yang dibuat pada 1959, From Where the Sun Now Stands. Buku tersebut memenangkan Penghargaan Spur untuk Novel Barat Terbaik dari Western Writers of America pada 1960.

Film yang terkenal adalah I Will Fight No More Forever, sebuah drama sejarah 1975 yang dibintangi oleh Ned Romero.

Dari 1969 sampai 1970, aktor George Mitchell memerankan Ketua Joseph di Broadway dalam permainan panggung Indians, sebuah sumber dari sebuah film karya Robert Altman yang berjudul Buffalo Bill and the Indians, or Sitting Bull's History Lesson.

Pada 2000, Pers Universitas Washington menerbitkan I Will Fight No More Forever: Chief Joseph and the Nez Perce War karya Merrill Beal, yang meraih tanggapan positif secara regional dan nasional.[5]

Warisan[sunting | sunting sumber]

Sebuah patung dari Ketua Joseph Muda di Enterprise, Oregon

Sejumlah struktur, yang meliputi sekolah, dam dan jalan, dinamai Joseph, serta beberapa fitur geografi. Beberapa struktur yang paling terkenal adalah Chief Joseph Scenic Byway di Wyoming, dan Dam Ketua Joseph di Sungai Columbia di Washington. Dam Ketua Joseph adalah penghasil kekuatan hidro terbesar kedua di AS dan satu-satunya dam di wilayah Barat Laut yang dinamai dengan nama orang Indian Amerika.

Kota Joseph, Oregon juga dinamai dari nama ketua tersebut, serta Ngarai Joseph dan Joseph Creek, di perbatasan Oregon-Washington, dan Chief Joseph Pass di Montana. Ketua Joseph sebelumnya digambarkan dalam keluaran $200 Seri I.[6]

Pada Juli 2012, pakaian perang Ketua Joseph dari 1870-an dijual sebagai sebuah koleksi pribadi dengan harga $877,500.[7]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ TonyIngram - nptwebmaster@nezperce.org. "Nez Perce language". Nezperce.org. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2013-05-28. Diakses tanggal 2013-12-04. 
  2. ^ William R. Swagerty, Universitas Pasifik, Stockton (8 Juni 2005). "Chief Joseph and the Nez Perce Indians". Yayasan Ketua Washakie. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2013-10-12. Diakses tanggal April 6, 2013. 
  3. ^ "THE WEST – Chief Joseph". PBS. Diakses tanggal 2011-10-31. 
  4. ^ "The Gatling Gun". Internet Movie Data Base. 21 Oktober 1958. Diakses tanggal 15 Juni 2013. 
  5. ^ Positive reviews here.
  6. ^ "Individual – What I Savings Bonds Look Like". U.S. Department of the Treasury, Treasurydirect.gov. December 27, 2007. Diakses tanggal April 6, 2013. 
  7. ^ "Chief Joseph's War Shirt Fetches Nearly $900,000 at Auction" Diarsipkan 2012-07-25 di Wayback Machine.. Indian Country Today. Diakses pada 24 Juli 2012.

Bacaan tambahan[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]