Kenya African Democratic Union

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Kenya African Democratic Union (KADU)
Ketua umumRonald Ngala
Sekretaris JenderalMasinde Muliro?
Deputy LeaderDaniel arap Moi
PendiriRonald Ngala
Daniel arap Moi
Dibentuk1960
Dibubarkan1964
Digabungkan denganKANU
IdeologiMajimboisme

Kenya African Democratic Union (KADU) adalah partai politik di Kenya. Didirikan pada tahun 1960, ketika beberapa politisi terkemuka Kenya menolak untuk bergabung dengan partai Persatuan Nasional Afrika Kenya (KANU) pimpinan Jomo Kenyatta.

KADU dipimpin oleh Ronald Ngala yang bergabung dengan Kalenjin Political Alliance, Masai United Front, Kenya African Peoples Party, Coast African Political Union, Baluhya Political Union dan Somali National Front.[1] Organisasi kesukuan yang terpisah adalah untuk mempertahankan identitas suku mereka dan sejak awal, KADU menjalankan politiknya berdasarkan kesukuan.[2]

Tujuan KADU adalah untuk membela kepentingan yang disebut KAMATUSA (singkatan dari kelompok etnis Kalenjin, Maasai, Turkana dan Samburu) serta para pemukim Britania Raya, melawan gabungan suku Luo dan Kikuyu yang menjadi mayoritas anggota KANU, di saat Kenya sebentar lagi akan memperoleh kemerdekaannya.[3] KADU berniat membentuk pemerintahan multirasial sendiri di dalam sistem politik kolonial yang ada saat itu.[1] Setelah pembebasan Jomo Kenyatta, KADU menjadi semakin populer di kalangan para pemukim Eropa yang pada umumnya menolak kepemimpinan Kenyatta.[4] Rencana KADU di pertemuan Lancaster dirancang oleh pendukung Eropa, yang pada dasarnya untuk melindungi hak tanah para pemukim Inggris di Kenya.[4]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b "African Tribalism, African Socialism and the Goal of Political Democracy in Kenya, p. 69". Diakses tanggal 18 November 2018. 
  2. ^ "Glimpses of Kenya's Nationalist Struggle, Pio Gama Pinto (1963), p. 32" (PDF). Diarsipkan dari versi asli (PDF) tanggal 2019-10-29. Diakses tanggal 11 December 2018. 
  3. ^ Joshia Osamba (2001). "The dynamics of ethnopolitical conflict and violence in the Rift valley province of Kenya". Nationalism and Ethnic Politics. 7 (4): 87–112. doi:10.1080/13537110108428646. 
  4. ^ a b "African Tribalism, African Socialism and the Goal of Political Democracy in Kenya, p. 71". Diakses tanggal 18 November 2018.