Kentongan (aplikasi)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari

Kentongan adalah sebuah aplikasi untuk masyarakat yang berbasis Android dan iOS. Aplikasi ini dapat Anda unduh melalui Play Store atau AppStore dengan keyword "Kentongan". Aplikasi ini sangat berguna untuk menghubungkan antara RT dan Warga. Sehingga Informasi dari RT ke warga ataupun dari Warga ke Ketua RT dapat disampaikan dengan cepat.

Pada zaman dahulu kentongan merupakan alat komunikasi yang berbahan dasar kayu atau bambu dengan sebuah pemukul untuk memberikan informasi atau suatu berita ke masyarakat sekitar dengan kode suara tertentu. Misalkan apabila ada kebakaran, pencurian, atau bencana alam, seseorang dapat dengan cepat memberikan informasi kepada orang lain sehingga seluruh warga dapat mengambil tindakan yang tepat.

Seiring perkembangan zaman, kentongan telah berubah bentuk menjadi sebuah sarana digital atau aplikasi di smartphone berbasis Android dan iOS. Melalui aplikasi ini masyarakat dapat dengan mudah mendapatkan atau memberikan informasi ke warga lain.[butuh rujukan]

Latar Belakang[sunting | sunting sumber]

Kentongan modern ini dibuat dilandasi dari permasalahan di wilayah RT yaitu informasi dari RT ke warga masih berupa sistem manual. Misalnya informasi untuk Rapat RT masih disebarkan menggunakan kertas undangan, yang mana hal ini akan memakan lebih banyak waktu dan biaya. Keluhan dari Warga ke Ketua RT kadang sering terhambat berbagai faktor, apabila ada teman / keluarga yang menginap warga sering tidak melaporkan ke RT karena mungkin Ketua RT sedang tidak ada di tempat. Pengolahan kas RT juga menjadi lebih transparan dengan menggunakan Kentongan. Untuk itu kami Tim Kentongan membuat sebuah solusi untuk permasalahan-permasalahan ini demi kehidupan warga masyarakat yang lebih baik, lebih maju, dan lebih modern.[butuh rujukan]

Fitur[sunting | sunting sumber]

Fitur yang ditawarkan oleh Kentongan dalam menghadapi permasalahan warga RT adalah sebagai berikut :

Data Detil RT[sunting | sunting sumber]

Pada saat pertama kali menggunakan Kentongan, Ketua RT harus mendaftarkan RT nya, dan mengisi data tentang informasi RT tempat tinggalnya. Data yang dimaksud adalah meliputi No RT, RW, Desa / Keluarahan, Kecamatan, Kabupaten, Provinsi dan Negara.

Data Detil Warga[sunting | sunting sumber]

Warga akan diundang oleh Ketua RT untuk turut serta menggunakan Kentongan. Warga akan mengisikan biodata pribadi sesuai KTP, data ini akan diverifikasi kebenarannya oleh Ketua RT setempat. Sehingga data yang disimpan disini adalah asli dan dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Data Keluarga[sunting | sunting sumber]

Di dalam Kentongan juga disediakan data keluarga, sehingga Ketua RT bisa mengetahui siapa saja keluarga dari warga nya yang tinggal dalam satu lingkup lingkungan. Data ini diisikan oleh warga dan kebenarannya diverifikasi oleh Ketua RT.

Informasi Kas RT[sunting | sunting sumber]

Setiap RT akan memiliki pendapatan dan belanja, yang mana pencatatan keuangan ini dicatat secara langsung oleh Ketua RT, sehingga seluruh warga dapat melihat pergerakan Kas RT secara langsung melalui smartphone.

Informasi Kegiatan RT[sunting | sunting sumber]

Apabila Ketua RT ingin mengadakan suatu kegiatan, misalkan akan ada rapat RT atau kerja bakti. Ketua RT dapat dengan mudah mengabarkan informasi tersebut ke seluruh warga RT-nya dalam waktu serentak, dan seluruh warga akan mengetahui termasuk apabila warga tersebut sedang tidak ada di tempat.

Laporan Warga[sunting | sunting sumber]

Warga dapat dengan mudah menyampaikan laporan langsung ke Ketua RT, walau Ketua RT sedang tidak berada di lokasi. Dengan fitur ini segala informasi laporan, keluhan, kritik, saran untuk kemajuan RT bisa dapat dengan cepat disampaikan ke Ketua RT untuk segera ditanggapi. Termasuk apabila ada yang menginap lebih dari 24 jam, ada orang-orang yang mencurigakan, ada fasilitas RT yang rusak, termasuk apabila ada kebijakan RT yang kurang sesuai.

Tanda Bahaya (Panic Button)[sunting | sunting sumber]

Kentongan kembali ke fungsi dasar nya, yaitu pemberitahuan apabila ada tanda bahaya. Pencurian / perampokan, kebakaran, kecelakaan, dan bencana alam dapat disebarkan secara cepat dan akurat ke seluruh warga. Sehingga warga yang berada disekitar dapat turut serta membantu Anda. Nama, no hp, dan lokasi Anda akan dikirimkan ke seluruh warga, Pak RT pun juga dapat mengetahui dan mengisikan tanggapan tentang kejadian darurat ini.

Pengembang[sunting | sunting sumber]

Kentongan ini dikembangkan oleh Team Kentongan dari PT. Skyshi Digital, Yogyakarta, Indonesia. Kentongan ini akan terus "dipahat" atau dikembangkan demi kehidupan warga dan RT yang lebih baik dan lebih efisien.

Penggunaan[sunting | sunting sumber]

Kentongan dapat digunakan oleh seluruh RT di indonesia secara gratis. Karena kentongan benar-benar di-dedikasikan untuk kemajuan warga Indonesia. Tidak ada penarikan biaya untuk penggunaan aplikasi ini.

Templat:Aplikasi Kependudukan