Kent R. Weeks

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Kent R. Weeks
Lahir16 Desember 1941 (umur 82)
Everett, Washington

Kent R. Weeks (lahir 16 Desember 1941) adalah seorang Egiptologis Amerika Serikat.

Biografi[sunting | sunting sumber]

Weeks lahir di Everett, Washington, pada tanggal 16 Desember 1941.

Ia ingat telah memutuskan untuk menjadi seorang Egyptologis pada usia delapan tahun.[1] Weeks menghadiri SMA "R. A. Long" di Longview, Washington, dan lulus pada tahun 1959. Ia belajar antropologi pada Universitas Washington di Seattle, dari mana ia memperoleh gelar Master. Ia mengunjungi Mesir untuk pertama kalinya pada tahun 1963 dan aktif dalam penggalian di Nubia terkait dengan pekerjaan relokasi yang diharuskan oleh pembangunan Bendungan Aswan dan banjir dari Lembah Sungai Nil untuk membuat Danau Nasser. Pada tahun 1970 ia meraih gelar Doktor dalam bidang Mesir kuno dari Universitas Yale.

Karier profesional Dr. Weeks dimulai dengan pengangkatannya sebagai Guru Besar Antropologi di Universitas Amerika di Kairo untuk tahun akademik 1971-72. Kemudian ia diangkat sebagai asisten Kurator Seni Mesir di Metropolitan Museum of Art, kemudian asisten Profesor di Universitas Chicago dan Direktur Institut universitas itu di Luxor (Chicago House), kemudian profesor di Universitas California, Berkeley, dan pada tahun 1988 ia menjadi seorang Profesor dalam bidang Mesir Kuno di Universitas Amerika di Kairo. Istrinya, Susan Weeks, juga seorang arkeolog dan artis berbakat sebelum kematiannya pada bulan Desember 2009.

Pada tahun 1978, Weeks merancang dan meluncurkan Theban Mapping Project ("Proyek Pemetaan Thebes") – suatu rencana ambisius untuk mengambil foto dan membuat peta setiap kuil dan makam di Nekropolis Thebes. Sebagai bagian dari proyek ini, Weeks meluncurkan balon udara panas di area Luxor dengan tujuan dari pembuatan survei udara murah, yang tumbuh menjadi bagian penting dari industri wisatawan lokal. Namun, prestasi yang lebih penting dari Proyek ini adalah penemuan pada tahun 1995 mengenai identitas, dan dimensi yang luas, dari KV5, makam anak-anak Ramses II di Lembah Para Raja.

Publikasi[sunting | sunting sumber]

  • Atlas of the Valley of the Kings: The Theban Mapping Project
  • The Illustrated Guide to Luxor and the Valley of the Kings
  • The Valley of the Kings: The Tombs and the Funerary of Thebes West, (as editor)
  • The Lost Tomb, 1998

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Weeks, Kent (September 1998). "Valley of the Kings". National Geographic. 194: 9. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]