Kendaraan tanpa emisi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Massa Kritis silinder, San Francisco, 29 April 2005, dan Muni Metro tram listrik di jalur J Church
Nissan Leaf mobil listrik adalah kendaraan tanpa emisi (ZEV).

Kendaraan tanpa emisi, (Inggris: Zero-emissions vehicle atau ZEV), adalah kendaraan yang tidak memancarkan gas buang atau polutan lain dari sumber di dalam pesawat kekuatan.[1][2] Definisi California juga menambahkan bahwa ini termasuk dalam setiap dan semua kemungkinan mode dan kondisi operasional. Hal ini karena dalam kondisi cold-start misalnya, mesin pembakaran dalam cenderung menghasilkan jumlah polutan yang maksimum.[3] Di sejumlah negara dan negara bagian, transportasi disebutkan sebagai sumber utama gas rumah kaca (GRK) dan polutan lainnya. Keinginan untuk mengurangi ini dengan demikian kuat secara politis.

Terminologi[sunting | sunting sumber]

Polutan berbahaya bagi kesehatan dan lingkungan termasuk partikulat (jelaga), hidrokarbon, karbon monoksida, ozon, timbal, dan berbagai oksida nitrogen. Meskipun tidak dianggap sebagai polutan emisi oleh California Air Resources Board (CARB) asli atau Badan Perlindungan Lingkungan Amerika (EPA), penggunaan umum terbaru dari istilah ini juga mencakup senyawa organik yang mudah menguap, beberapa racun udara (terutama 1,3-Butadiene), dan polutan global seperti sebagai karbon dioksida dan gas rumah kaca lainnya.[4]

Contoh kendaraan tanpa emisi dengan sumber tenaga yang berbeda dapat mencakup kendaraan bertenaga otot seperti sepeda, sepeda listrik, dan pembalap gravitasi .

Kendaraan bermotor[sunting | sunting sumber]

Juga kendaraan listrik baterai lainnya, yang dapat mengalihkan emisi ke lokasi di mana listrik dihasilkan (jika listrik berasal dari pembangkit listrik batu bara atau gas alam—berlawanan dengan pembangkit listrik tenaga air, tenaga angin, tenaga surya atau pembangkit listrik tenaga nuklir);[5] dan sel Tunam kendaraan bertenaga hidrogen, yang dapat mengalihkan emisi ke lokasi di mana hidrogen dihasilkan. Ini tidak termasuk kendaraan mesin pembakaran internal hidrogen karena memang menghasilkan beberapa emisi (walaupun mendekati tanpa emisi). Ini juga tidak termasuk kendaraan yang menggunakan 100% biofuel karena kendaraan ini juga mengeluarkan gas buang, meskipun secara keseluruhan netral karbon.

Emisi dari proses pembuatan dengan demikian tidak termasuk dalam definisi ini, dan telah diperdebatkan bahwa emisi yang dihasilkan selama pembuatan saat ini memiliki urutan besarnya yang sebanding dengan emisi yang dihasilkan selama masa operasi kendaraan.[6][7]

Namun, kendaraan ini masih dalam tahap awal pengembangannya; emisi manufaktur dapat berkurang dengan perkembangan teknologi, industri, beralih ke produksi massal dan penggunaan energi terbarukan yang terus meningkat di seluruh rantai pasokan.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ California Air Resources Board (2009-03-09). "Glossary of Air Pollution Terms: ZEV". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2009-04-20. Diakses tanggal 2009-04-21. 
  2. ^ Christine & Scott Gable. "What is a ZEV - Zero Emissions Vehicle?". About.com: Hybrid Carts & Alt Fuels. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2011-10-25. Diakses tanggal 2008-04-21. 
  3. ^ "Zero-Emission Vehicles | Caltrans". dot.ca.gov (dalam bahasa Inggris). Diarsipkan dari versi asli tanggal 2021-08-25. Diakses tanggal 2021-08-25. 
  4. ^ Alternative Fuels and Advanced Vehicles Data Center. "Alternative & Advanced Vehicles: Pollutants and Health". Energy Efficiency and Renewable Energy, US DOE. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2012-05-03. Diakses tanggal 2009-04-21. 
  5. ^ "Existing Coal Map - Beyond Coal - Sierra Club". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2 June 2014. Diakses tanggal 30 May 2015. 
  6. ^ Mike Berners-Lee (23 September 2010). "Manufacturing a car creates as much carbon as driving it". the Guardian. Diarsipkan dari versi asli tanggal 25 April 2015. Diakses tanggal 30 May 2015. 
  7. ^ "Calculating the real carbon footprint of vehicles". Diarsipkan dari versi asli tanggal 31 May 2015. Diakses tanggal 30 May 2015. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]