Roda rantai

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Revisi sejak 17 April 2013 03.06 oleh Addbot (bicara | kontrib) (Bot: Migrasi 10 pranala interwiki, karena telah disediakan oleh Wikidata pada item d:q940913)
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Kendaraan roda rantai (atau juga bisa disebut traktor roda rantai) adalah kendaraan yang bergerak dengan menggunakan roda rantai, bukan dengan roda. Kendaraan roda rantai saat ini banyak dipakai dalam militer, konstruksi, dan pertanian.

Keuntungan utama dari kendaraan roda rantai dibandingkan roda biasa adalah luas kontak permukaan roda dengan permukaan jalan yang lebih besar. Hal itu akan berakibat pada rendahnya tekanan yang dihasilkan dan tingginya traksi yang didapatkan pada permukaan jalan dibandingkan dengan kendaraan beroda biasa pada berat kendaraan yang sama. Hal ini berarti kendaraan roda rantai cocok digunakan pada permukaan jalan yang lunak, koefisien gesek yang rendah, dan jalan yang tidak rata, seperti lumpur, es, dan salju. Kerugian penggunaan jenis roda ini adalah mekanismenya yang lebih kompleks sehingga berpotensi rantai tersangkut atau lepas.

Produsen kendaraan roda rantai ternama saat ini adalah John Deere, New Holland, Kubota, Case, Caterpilar inc, CLAAS, CHETRA Industrial Machinery JSC, Luoyang Rollerway Engineering Machinery Trading Co. Ltd., United Tractor, etc.

Contoh penggunaan konsep kendaraan roda rantai saat ini adalah:

  • Kendaraan militer, seperti tank.
  • Bulldozer, yang merupakan kendaraan roda rantai yang dilengkapi dengan blade untuk konstruksi dan aktivitas cut-and-fill.
  • Excavator saat ini umumnya menggunakan roda rantai, walau ada juga excavator yang menggunakan roda biasa.
  • Traktor pertanian juga ada yang menggunakan roda rantai.
  • Kendaraan yang memindahkan pesawat ulang alik NASA ke lokasi peluncuran menggunakan kendaraan roda rantai yang besar yang disebut dengan crawler transporter.
  • Kendaraan roda rantai yang terbesar di dunia saat ini adalah excavator Bagger 288 yang digunakan di Jerman.