Kementerian Unifikasi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Kementerian Unifikasi
통일부
統一部
Tong-il-bu
Logo
Informasi lembaga
Dibentuk1 Maret 1969 (1969-03-01)
Nomenklatur lembaga sebelumnya
  • Badan Unifikasi Nasional (1969-1998)
Wilayah hukumKorea Selatan
Kantor pusatJongno-gu, Seoul
Menteri
  • Cho Myung-gyun, Menteri Unifikasi
Wakil Menteri
  • Chun Hae-sung, Wakil Menteri
Lembaga indukPemerintah Korea Selatan
Lembaga bawahan
Situs web

Kementerian Unifikasi Republik Korea adalah departemen eksekutif pemerintah Korea Selatan yang bertujuan untuk mempromosikan penyatuan kembali Korea. Didirikan pada tahun 1969 sebagai Badan Unifikasi Nasional, di bawah pemerintahan Park Chung-hee. Kemudian statusnya ditingkatkan menjadi kementerian hingga saat ini.

Di bawah menteri sebelumnya Yu Woo-ik, Kementerian Unifikasi terdiri dari atas, satu badan untuk perencanaan dan koordinasi; tiga biro untuk penyatuan kebijakan, pertukaran dan kerjasama antar-Korea, dan kerjasama kemanusiaan; terdapat satu biro khusus untuk menangani proyek Kompleks Industri Gaeseong; dan lima lembaga afiliasi pada penyatuan pendidikan, dialog antar-Korea, transit antara Korea Selatan dan Korea Utara, penyelesaian dukungan untuk dislokasi Korea Utara dan konsultasi kerjasama antar-Korea. Namun, pada tahun 2008, Kementerian Unifikasi secara signifikan dirampingkan sebagai bagian dari efisiensi restrukturisasi dari pemerintah.[1]

Menteri yang menjabat saat ini adalah Hong Yong-pyo, mantan penasihat Presiden di Korea Utara, telah mengambil sumpah jabatan pada tanggal 16 Maret 2015.[2] Kantor pusat berada di lantai ketiga dan keempat dari Kompleks Pemerintah Seoul di Distrik Jongno, Seoul.[3]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Brief History - 2000s". Ministry of Unification. Diakses tanggal 22 July 2012. 
  2. ^ Byrne, Leo (16 March 2015). "New unification minister pledges dialogue with North Korea | NK News - North Korea News". NK News. Diarsipkan dari versi asli tanggal 25 September 2016. Diakses tanggal 23 August 2016. 
  3. ^ "Location & Contact Info." (Archive) Ministry of Unification. Retrieved on January 1, 2013. "Ministry of Unification Address: Government Complex - Seoul, 209 Sejong-daero(Sejong-ro). Jongno-gu, Republic of Korea"
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "Kim 1970" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.