Kementerian Pos dan Telekomunikasi Republik Rakyat Tiongkok

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Kementerian Pos dan Telekomunikasi Republik Rakyat Tiongkok
中华人民共和国邮电部
Zhōnghuá rénmín gònghéguó yóudiànbù
Informasi lembaga
DibentukPeriode pertama 1954-1998
Lembaga pengganti
Wilayah hukum Tiongkok
Kantor pusatBeijing
Lembaga indukDewan Negara

Kementerian Pos dan Telekomunikasi Republik Rakyat Tiongkok adalah departemen terpadu Pos dan Telekomunikasi di bawah kendali Dewan Negara dari Republik Rakyat Tiongkok. Saat ini Kementerian Pos dan Telekomunikasi tergabung dalam Kementerian Perindustrian dan Teknologi Informasi Tiongkok.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Didirikan pada September 1954, pendahulunya adalah "Kementerian Pos dan Telekomunikasi Pemerintah Pusat Rakyat" yang didirikan pada Oktober 1949.

Pada Maret 1998, dalam sidang pertama Kongres Rakyat Nasional Ke-9 menyetujui rencana reformasi beberapa kelembagaan termasuk Kementerian Pos dan Telekomunikasi yang resmi dibubarkan dan fungsinya diambil alih oleh Kementerian Perindustrian dan Teknologi Informasi Tiongkok.

Foto kantor asli Kementerian Pos dan Telekomunikasi yang diambil tahun 2016, di tengah masih terdapat tulisan "人民邮电" (pos dan telekomunikasi). Saat ini menjadi Kantor Kementerian Perindustrian dan Teknologi Informasi Tiongkok, nama kantor gedung ini ditulis di pelat putih, dekat pilar kiri "工业和信息化部" (Kementerian Perindustrian dan Teknologi Informasi)

Pranala luar[sunting | sunting sumber]