Kementerian Pertahanan Nasional Republik Rakyat Tiongkok

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Kementerian Pertahanan Nasional
Republik Rakyat Tiongkok
中华人民共和国国防部
Zhōnghuá Rénmín Gònghéguó Guófángbù

Markas Besar Departemen Pertahanan Nasional, Beijing
Informasi lembaga
Dibentuk28 September 1954
JenisDepartemen Konstituante Dewan Negara (departemen eksekutif tingkat kabinet)
Wilayah hukum Tiongkok
Kantor pusatBeijing
Koordinat: 39°54′28″N 116°19′15″E / 39.90778°N 116.32083°E / 39.90778; 116.32083
Pejabat eksekutif
Lembaga indukDewan Negara
Komisi Militer Pusat
Situs webwww.mod.gov.cn (dalam bahasa Inggris)

Kementerian Pertahanan Nasional Republik Rakyat Tiongkok (Hanzi sederhana: 中华人民共和国国防部; Hanzi tradisional: 中華人民共和國國防部; Pinyin: Zhōnghuá Rénmín Gònghéguó Guófángbù) atau disingkat menjadi "Kementerian Pertahanan Nasional" (KPN) (Hanzi sederhana: 国防部; Hanzi tradisional: 國防部; Pinyin: Guófángbù) adalah kementerian peringkat kedua di bawah Dewan Negara. Kementerian ini dipimpin oleh Menteri Pertahanan Nasional.

KPN dibentuk berdasarkan keputusan yang diadopsi dari Sidang ke-1 Kongres Rakyat Nasional Pertama pada tahun 1954. Berbeda dengan praktik di negara lain, KPN tidak menggunakan wewenang komando atas Tentara Pembebasan Rakyat (TPR) yang bukan bawahan dari Komisi Militer Pusat (KMP). Sebaliknya, KPN hanya berfungsi sebagai badan penghubung yang mewakili KMP dan PLA ketika berhadapan dengan militer asing dalam pertukaran dan kerja sama militer. Pada Januari 2016, dalam rangka reformasi pertahanan dan militer nasional Tiongkok, Kantor Urusan Luar Negeri KPN dihapus dan diganti dengan Kantor Kerjasama Militer Internasional yang dikelola oleh KMP.[1]

Tanggung jawab resminya adalah melaksanakan administrasi terpadu untuk mengembangkan angkatan bersenjata Tiongkok seperti organisasi, rekrutmen, pelatihan, penelitian militer ilmiah, teknologi dan peralatan militer TPR serta pangkat dan gaji baik perwira maupun prajurit. Namun, dalam praktiknya tanggung jawab ini dilakukan oleh 15 departemen KMP.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "解放军四总部改组15部门 联合参谋部是指挥关键". 大公网. 2016-01-12. Diakses tanggal 2016-01-12.