Kementerian Keamanan Publik Tiongkok

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Kementerian Keamanan Publik Republik Rakyat Tiongkok
中华人民共和国公安部
Zhōnghuá Rénmín Gònghéguó Gōng'ānbù
Lambang Republik Rakyat Tiongkok
(lambang ini ada di tengah semua simbol Kementerian Tiongkok)
Lencana Kepolisian Rakyat Tiongkok (sejak 1983)

Bendera Kepolisian Rakyat Tiongkok (sejak 2020)
Informasi lembaga
Dibentuk1954
Nomenklatur lembaga sebelumnya
JenisDepartemen Konstituen Dewan Negara (tingkat kabinet
Wilayah hukumTiongkok Tiongkok Daratan
Kantor pusatBeijing
Pegawai1,9 juta polisi
Menteri
  • Zhao Kezhi, Menteri
  • Wang Xiaohong
    Du Hangwei
    Xu Ganlu
    Liu Zhao, Wakil Menteri
  • Sun Xinyang, Ketua Tim Inspeksi & Pengawasan Disiplin Dikirim dari KPID & KPN
  • Feng Yan, Pengawas Politik
  • Chen Siyuan, Asisten Menteri
Lembaga indukDewan Negara
Lembaga bawahan
Situs webwww.mps.gov.cn

Kementerian Keamanan Publik (KKP) (Hanzi: 公安部; Pinyin: Gōng'ānbù [a]) adalah kementerian pemerintah di Republik Rakyat Tiongkok yang bertanggung jawab atas keamanan masyarakat. KKP mengawasi lebih dari 1,9 juta petugas penegak hukum di Tiongkok yang sebagian besar terdiri dari Kepolisian Rakyat Tiongkok (Hanzi: 人民警察; Pinyin: Rénmín jǐngchá). KKP umumnya berkaitan dengan polisi reguler, sedangkan Kementerian Keamanan Negara (KKN) bertugas untuk mengumpulkan data intelijen domestik dan asing serta memerangi spionase dan subversi.

Kementerian ini didirikan pada tahun 1949 (setelah kemenangan Partai Komunis Tiongkok dalam Perang Saudara Tiongkok) dan dinamakan "Kementerian Keamanan Publik Pemerintah Rakyat Pusat" hingga tahun 1954. Jenderal Besar Luo Ruiqing dari Tentara Pembebasan Rakyat menjadi menteri pertamanya. Karena organisasi kementerian didasarkan pada model Soviet dan Blok Timur, maka KKP bertanggung jawab atas semua aspek keamanan nasional, mulai dari pekerjaan polisi biasa hingga intelijen, kontra-intelijen dan penindasan sentimen politik serta sosial anti-komunis.[1] Urusan intelijen militer tetap berada di Departemen Staf Umum, sementara Departemen Penghubung Internasional Partai Komunis Tiongkok aktif dalam mengobarkan kecenderungan revolusioner di seluruh dunia dengan menyalurkan senjata, uang dan sumber daya untuk berbagai gerakan pro-Tiongkok.[2] Dengan dibentuknya KKN pada tahun 1983, KKP kehilangan sebagian besar tanggung jawab penegakan hukum non-regulernya.

KKP umumnya sebanding dengan kepolisian nasional, seperti Kepolisian Nasional Jepang atau Kepolisian Federal Jerman. KKP menggunakan istilah Biro Keamanan Publik di seluruh provinsi, kota, kota madya dan kota kecil di Tiongkok, setara dengan kantor polisi lokal di sebagian besar negara lain. Daerah administrasi khusus Hong Kong dan Makau memiliki biro, badan, dan kepolisian otonom mereka sendiri. Kementerian ini dipimpin oleh Menteri Keamanan Publik, yang dicalonkan oleh Perdana Menteri Republik Rakyat Tiongkok dan dikonfirmasi oleh Kongres Rakyat Nasional. Zhao Kezhi menjabat sebagai Menteri KKP sejak November 2017.

Catatan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Pengucapan bahasa mandarin: [kʊ́ŋ.án.pû]; singkatan dari Hanzi: 公共安全部; Pinyin: Gōnggòng Ānquán Bù; harfiah: 'Kementerian Keamanan Publik' Pengucapan bahasa mandarin: [kʊ́ŋ.kʊ̂ŋ án.tɕʰɥǎn pû]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ From the Social Affairs Department to Ministry of Public Security, in Xuezhi Guo: China's Security State: Philosophy, Evolution, and Politics, 2012, Cambridge University Press.
  2. ^ Directorate of Intelligence, Central Intelligence Agency (December 1971). "Intelligence Report: The International Liaison Department of the Chinese Communist Party" (PDF). Diarsipkan dari versi asli (PDF) tanggal May 31, 2012. Diakses tanggal June 17, 2019.