Kementerian Investasi Republik Indonesia

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Kementerian Investasi
Republik Indonesia
Logo Kementerian Investasi - BKPM (2021).png
Logo Kementerian Investasi
Flag of the Ministry of Investment of the Republic of Indonesia.png
Bendera Kementerian Investasi
Gambaran umum
Dibentuk28 April 2021; 6 bulan lalu (2021-04-28)
Bidang tugasInvestasi
Susunan organisasi
MenteriBahlil Lahadalia
Situs webwww.bkpm.go.id

Kementerian Investasi Republik Indonesia adalah sebuah kementerian Indonesia yang bertugas menangani urusan investasi dan dibentuk oleh Presiden Indonesia Joko Widodo dalam perombakan kedua Kabinet Indonesia Maju pada 28 April 2021.[1] Kementerian Investasi dijabat oleh seorang Menteri Investasi yang sejak 28 April 2021 dijabat oleh Bahlil Lahadalia.

Sejak awal kepemimpinannya pada periode kedua (2019–2024), Joko Widodo telah menyatakan akan membentuk kementerian yang berfokus menangani investasi. Namun, sejumlah ekonom, seperti Direktur Riset Center of Reform on Economics (Core) Indonesia, Piter Abdullah, menilai bahwa kementerian tersebut belum tentu menyelesaikan masalah dan ia menyatakan bahwa sudah ada Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) yang mengurusi masalah investasi.[2]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Presiden Jokowi Lantik Menteri Investasi, Mendikbudristek, dan Kepala BRIN". Laman Resmi Presiden Republik Indonesia - Kementerian Sekretariat Negara. 28 April 2021. Diakses tanggal 29 April 2021. 
  2. ^ "Ekonom: Bentuk Kementerian Investasi Belum Tentu Selesaikan Masalah". Liputan 6. 15 Agustus 2019. Diakses tanggal 29 April 2021. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]