Kematian dan pemakaman kenegaraan Josip Broz Tito

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Kuća Cveća, mausoleum Josip Broz Tito.
Pusara Josip Broz Tito.
Nisan pusara Josip Broz Tito.

Pemakaman Josip Broz Tito, Presiden Yugoslavia, diselenggarakan pada tanggal 8 Mei 1980, empat hari pasca-kematiannya. Upacara pemakamannya dihadiri oleh banyak negarawan di dunia, baik dari negara-negara Blok Barat, Blok Timur, maupun non-blok, dalam suasana Perang Dingin.[1] Berdasarkan banyaknya politikus dan perwakilan negara yang hadir, upacara pemakaman kenegaraan ini masih dianggap sebagai yang terbesar dalam sejarah.[2] Para negarawan yang hadir meliputi 4 raja, 31 presiden, 6 pangeran, 22 perdana menteri, dan 47 menteri luar negeri dari 128 negara anggota PBB yang kala itu memiliki 154 negara anggota.[3]

Kesehatan mendiang Presiden Tito menurun sepanjang tahun 1979. Pada tanggal 7 Januari dan 11 Januari 1980, ia masuk Rumah Sakit Universitas Ljubljana di Ljubljana, Republik Sosialis Slovenia, karena gangguan sirkulasi darah di kakinya. Beberapa saat setelah operasi, kaki kirinya terpaksa diamputasi karena adanya penyumbatan pembuluh arteri. Presiden Tito wafat karena gangren pada tanggal 4 Mei 1980 pukul 15.05 waktu setempat di rumah sakit yang sama, tiga hari menjelang hari ulang tahunnya yang ke-88. Peti jenazahnya lalu dibawa ke Beograd dengan Plavi voz ('kereta api biru', kereta api kepresidenan) untuk disemayamkan di Gedung Parlemen Federal sebelum dimakamkan di Kuća Cveća.

Kematian[sunting | sunting sumber]

Plavi voz, kereta api yang membawa peti jenazah Tito dari Ljubljana ke Beograd.

Segera setelah mendengar kabar kematian Tito, Kepresidenan Yugoslavia dan Kepresidenan Komite Pusat Liga Komunis Yugoslavia bersidang luar biasa di Beograd mulai pukul 18.00. Selanjutnya, kematian Tito dikabarkan secara resmi kepada seluruh rakyat Yugoslavia melalui pernyataan bersama berikut ini:

Kepada kelas buruh, seluruh rakyat pekerja dan warga negara, serta semua bangsa dan kebangsaan di Republik Federal Sosialis Yugoslavia:

Kawan Tito telah wafat.

Pada tanggal 4 Mei 1980 pukul 15.05 di Ljubljana, telah berhenti berdetak jantung Presiden Yugoslavia Sosialis kita, Presiden Kepresidenan Yugoslavia, Presiden Liga Komunis Yugoslavia, Marsekal Yugoslavia dan panglima tertinggi Angkatan Bersenjata Republik Sosialis Yugoslavia, Josip Broz Tito.

Kesedihan dan kepedihan mendalam menggetarkan kelas buruh, bangsa, dan kebangsaan di negara kita, semua warga negara, pekerja, tentara, veteran, petani, cendekiawan, semua penemu, pionir, dan pemuda, juga semua remaja putri dan kaum ibu kita.

Seumur hidupnya, Tito memperjuangkan kepentingan dan tujuan kelas buruh, demi mewujudkan cita-cita yang paling berperikemanusiaan, serta keinginan bangsa dan kebangsaan kita. Tito adalah kawan terbaik kita. Tujuh puluh tahun hidupnya diabdikan untuk menyuluh gerakan buruh. Selama enam dasawarsa, ia memperkuat benteng komunis Yugoslavia. Selama lebih dari empat dasawarsa, ia memimpin Partai kita. Ia pemimpin yang berjiwa pahlawan dalam Perang Dunia II dan revolusi sosialis. Selama tiga setengah dasawarsa, ia memimpin negeri sosialis kita, menuliskan negara dan perjuangan kita menuju masyarakat yang adil ke dalam lembaran sejarah dunia, menegaskan dirinya sebagai tokoh sejarah dunia terbesar kita.

Dalam periode pertahanan dan pembangunan kita yang paling menentukan, Tito gagah dan layak mengibarkan panji-panji revolusi proletaris kita, yang tetap dan terus terhubung dengan nasib bangsa-bangsa dan umat manusia. Ia gigih berjuang sepanjang hidup dan karyanya, menghidupkan humanisme revolusioner dengan gelora semangat dan cinta tanah air.

Tito bukan hanya seorang visioner, kritikus, dan penerjemah dunia. Ia mendalami kondisi objektif dan pola-pola gerakan sosial, mewujudkan gagasan dan pemikiran agung bersama jutaan massa rakyat yang dipimpinnya, dan menciptakan perubahan sosial progresif yang penting pada masanya.

Demikianlah, semoga karya revolusionernya senantiasa diingat dalam sejarah rakyat dan kebangsaan Yugoslavia serta dalam sejarah kemerdekaan umat manusia selama-lamanya.

—Tertanda, Komite Pusat Liga Komunis Yugoslavia dan Kepresidenan Yugoslavia, Beograd, 4 Mei 1980.[4]

Perwakilan negara[sunting | sunting sumber]

Berikut ini adalah daftar para perwakilan negara yang menghadiri upacara pemakaman Josip Broz Tito sesuai jabatannya.[5]

Kepala negara[sunting | sunting sumber]

Kepala pemerintahan[sunting | sunting sumber]

Wakil kepala atau menteri luar negeri[sunting | sunting sumber]

Menteri, duta besar, atau kerabat kerajaan[sunting | sunting sumber]

Perwakilan partai dan organisasi[sunting | sunting sumber]

Berikut ini adalah daftar para perwakilan partai dan organisasi yang menghadiri upacara pemakaman Josip Broz Tito.

Organisasi internasional[sunting | sunting sumber]

Gerakan pembebasan[sunting | sunting sumber]

Partai politik[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Jimmy Carter (4 Mei 1980). "Statement on the Death of the President of Yugoslavia". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2016-08-23. Diakses tanggal 26 April 2010. 
  2. ^ Vidmar, Josip; Rajko Bobot; Miodrag Vartabedijan; Branibor Debeljaković; Živojin Janković; Ksenija Dolinar (1981). Josip Broz Tito – Ilustrirani življenjepis. Jugoslovenska revija. hlm. 166. 
  3. ^ Ridley, Jasper (1996). Tito: A Biography. Constable. hlm. 19. ISBN 0-09-475610-4. 
  4. ^ "Anniversary of Marshal Tito's death". http://yugoslavian.blogspot.com/. 4 Mei 2009. Diakses tanggal 4 Oktober 2013.  Hapus pranala luar di parameter |website= (bantuan)
  5. ^ Mirosavljev, Radoslav (1981). Titova poslednja bitka (dalam bahasa Serbo-Kroasia). Beograd: Narodna knjiga. hlm. 262-264. 
  6. ^ Martin, Marie Alexandrine (1994). Cambodia: A Shattered Society. Berkeley dan Los Angeles, California: University of California Press. hlm. 244. ISBN 0520070526.