Kematian akibat kulkas

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Kulkas model lama dengan mekanisme kait penutup yang tak bisa dibuka dari dalam

Kematian lemari es adalah kematian akibat mati lemas di kulkas atau alat kedap udara lainnya. Secara desain, peralatan semacam itu bersifat kedap udara saat ditutup, sehingga orang yang terperangkap di dalamnya akan kehabisan suplai oksigen. Lemari es awal hanya bisa dibuka dari luar. Karena itu orang yang terjebak di dalamnya tak bisa membukanya dari dalam. Insiden semacam ini terutama banyak melibatkan anak-anak yang bermain dengan kulkas bekas yang dibuang. Banyak kematian akibat peristiwa semacam ini telah tercatat.[1][2] Lemari es modern memiliki penutup yang didesain dengan mekanisme magnet yang dapat dibuka dari dalam, mengurangi bahaya terjebak di dalam lemari es.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Kraus, JF (1985). "Effectiveness of measures to prevent unintentional deaths of infants and children from suffocation and strangulation". Public Health Reports. 100 (2): 231–240. PMC 1424727alt=Dapat diakses gratis. PMID 3920722. 
  2. ^ Spitz, Werner U., ed. (1993). Spitz and Fisher's Medicolegal Investigation of Death: Guidelines for the Application of Pathology to Crime Investigation (edisi ke-Third). Springfield, Illinois: Charles C Thomas Publisher Ltd. hlm. 486. 

Bacaan lanjutan[sunting | sunting sumber]