Keluarga Pascual Duarte

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Keluarga Pascual Duarte
Sampul edisi Indonesia
PengarangCamilo José Cela
Judul asliLa familia de Pascual Duarte
PenerjemahAnthony Kerrigan
NegaraSpanyol
BahasaSpanyol
PenerbitEdiciones Aldecoa, S.A.
Tanggal terbit
Oktober 1942
Tgl. terbit (bhs. Inggris)
1946
Jenis mediaPrint
ISBNISBN 84-233-0732-8

Keluarga Pascual Duarte (Spanyol: La Familia de Pascual Duarte, diucapkan [la faˈmilja ðe pasˈkwal ˈdwaɾte]) adalah sebuah novel karya Camilo José Cela. Dua edisi pertama menimbulkan kegemparan dan dalam waktu kurang dari setahun novel ini dilarang beredar. Edisi Spanyol baru direvisi pada Desember 1943. Sedangkan edisi Indonesia pertama kali terbit pada tahun 1996 oleh Gramedia Pustaka Utama.

Novel ini sangat mendasar bagi generasi tremendismo (diambil dari kata tremendo, berarti "menyedihkan"), yang berfokus pada perlakuan terhadap karakternya dan ditandai dengan adegan kekerasan yang berkepanjangan dan sering terjadi. Novel ini sebenarnya dianggap sebagai novel pertama dari gaya penulisan ini, tetapi juga mengandung tema-tema ekstrim dari realisme dan eksistensialisme: tokoh utama yang hidup di pinggiran masyarakat dan kehidupan mereka yang berangsur-angsur tenggelam ke dalam kesedihan dan rasa sakit; arketipe tema ini ada pada protagonis, Pascual Duarte, yang telah mengetahui bahwa kekerasan adalah satu-satunya cara untuk menyelesaikan masalahnya. Keluarga Pascual Duarte memiliki berbagai narator, yang utama adalah Duarte, yang menceritakan sejarahnya dalam dialek pedesaan.

Sang protagonis berasal dari Extremadura dan hidupnya berlangsung antara tahun 1882 hingga 1937, dari tahun-tahun di mana struktur sosial dan politik Spanyol ditandai oleh ketidakstabilan yang ekstrim. Kali ini adalah salah satu periode waktu yang paling gelisah di bawah konstitusi bersejarah. Keluarga Pascual Duarte memiliki nuansa religius yang jelas, terlepas dari kenyataan bahwa Cela sendiri tidak pernah diperlihatkan sebagai orang yang sangat saleh, dan penuh dengan sindiran kepada Tuhan.

Plot[sunting | sunting sumber]

Narator sekaligus tokoh utama bernama Pascual Duarte, sambil menunggu eksekusi di sel terkutuk, menceritakan kisah kehidupan keluarganya dan masa lalu pembunuhannya, yang berpuncak pada pembunuhan ibunya. Dia mengklaim, antara lain, bahwa takdir mengendalikan hidupnya dan apapun yang dia lakukan tidak akan pernah berubah.

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, novel tersebut dapat dikatakan mengeksplorasi Eksistensialisme versi Spanyol: seperti dalam L'étranger karangan Albert Camus, Pascual dilihat oleh masyarakat sebagai orang luar, tidak mampu atau tidak mau mengikuti norma-normanya. Kisah otobiografinya menunjukkan beberapa realitas petani yang sangat keras di pedesaan Spanyol hingga awal rezim Franco.

Daftar Pustaka[sunting | sunting sumber]

  • The Family of Pascual Duarte, trans. by Anthony Kerrigan [1964], repr. Illinois: Dalkey Archive, 2004
  • Alan Hoyle, Cela: La familia de Pascual Duarte (Critical Guides to Spanish Texts, 60), London: Grant & Cutler, 1994