Keluarga Mahasiswa Buddhis Palembang

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari

Keluarga Mahasiswa Buddhis Palembang (KMBP) atau dapat disebut KMBPalembang adalah organisasi kemahasiswaan berbentuk kekeluargaan yang bergerak dalam menghimpun mahasiswa yang beragama Buddha, bidang keagamaan Buddha[1] , serta sosial kemasyarakatan. KMBP merupakan satu-satunya wadah tunggal pemersatu mahasiswa Buddhis di kota Palembang yang bersifat independen, non-sektarian, dan non-politik.[2]

Keluarga Mahasiswa Buddhis Palembang
KMBP HD
Lambang Keluarga Mahasiswa Buddhis Palembang
The Flag of The Union Of Palembang Buddhist Student
Bendera Keluarga Mahasiswa Buddhis Palembang
Slogan Majulah KMBP, Jayalah KMBP
Tanggal pembentukan 27 November 1983 / 2527 BE
Jenis Organisasi Kemahasiswaan & Sosial Masyarakat
Kantor pusat Sekretariat KMBP (Jl. Kapten Marzuki No. 1579 A) Palembang, Sumatera Selatan
Lokasi
  • Bendera Indonesia Indonesia
Ketua Umum KMBP 2016-2018
Deni Yapijan
Situs web kmbpalembang.blogspot.co.id

KMBP didirikan pada tanggal 27 November 1983 oleh Ir. Sutanto Muliawan M.Eng dengan tujuan menghimpun dan mempersatukan mahasiswa Buddhis di Palembang agar terwujud manusia akademis yang selaras antara kehidupan material dan spiritual yang berazaskan Pancasila, UUD1945 dan agama Buddha. KMBP terus berkembang menghimpun dan memeprsatukan mahasiswa Buddhis di kota Palembang hingga saat ini. Keluarga Mahasiswa Buddhis Palembang memiliki dua Badan Semi Otonom (BSO) yaitu Citta yang bergerak pada bidang jurnalistik dan Kakak Asuh Buddhis yang bergerak pada bidang pendidikan (KAB).

Latar Belakang[sunting | sunting sumber]

Keluarga Mahasiswa Buddhis Palembang (KMBP) dibentuk berdasarkan pemikiran bahwa pada kondisi saat itu (1983) mahasiswa Buddhis di kota Palembang sangat terkotak-kotak melalui majelis, aliran, atau perguruan tinggi masing-masing sehingga terbentuklah keinginan untuk membentuk suatu wadah yang dapat mempersatukan mahasiswa-mahasiwa Buddhis di kota palembang agar dapat terjalin komunikasi yang baik. Dalam proses pembentukan oleh para pendiri, munculah gagasan bahwa wadah tersebut haruslah dapat menghimpun seluruh mahasiswa Buddhis di kota Palembang tanpa memandang aliran, majelis, maupun perguruan tinggi. Sejak dari situlah wadah tersebut bersifat independen, dan non-sektarian (netral) dengan pemilihan nama yang dapat mencakup seluruh mahasiswa Buddhis di Palembang maka diberilah nama Keluarga Mahasiswa Buddhis Palembang atau lebih sering disebut KMBP dengan ketua pertama Ir. Sutanto Muliawan M.Eng pada tanggal 27 November 1983.

Dibentuknya KMBP pada masa itu membuat majelis lain untuk ikut membentuk organisasi mahasiswa Buddhis lainnya namun ide tersebut menuai pro-kontra karena dikhawatirkan pembentukan tersebut hanya akan membuat keadaan menjadi terkotak-kotak kembali hingga akhirnya KMBP tetap diutamakan untuk menjadi wadah tunggal pemersatu mahasiswa Buddhis. Keluarga Mahasiswa Buddhis Palembang bermisi untuk mempersatukan mahasiswa Buddhis tanpa membedakan aliran, mewujudkan kerukunan hidup beragama, ikut mengembangkan Buddha Dharma. Perkembangan KMBP terbilang bertahap dimulai dari lambang, mars, serta sekbid-sekbid dibentuk melalui gagasan-gagasan dan hingga saat ini tetap mengembangkan gagasan kreatif yang diberikan setiap anggotanya.

Sifat-sifat dasar yang menjadi nilai utama Keluarga Mahasiswa Buddhis Palembang adalah Independen, non-sektarian (netral), dan non-politik. Sifat mendasar inilah yang menjadikan Keluarga Mahasiswa Buddhis Palembang sebagai organisasi yang dapat bebas bergerak di manapun sehingga dapat membentuk koordinasi dan jalinan persahabatan antar majelis, aliran, atau bahkan organiasi kepemudaan[3] lintas agama lainnya. Keluarga Mahasiswa Buddhis Palembang mengedepankan rasa kekeluargan dalam berorganisasi agar dapat membentuk insan yang memiliki kebijaksanaan dan kasih dalam bekerja sama secara tim maupun dalam kehidupan sehari-hari sebagai mahasiswa Buddhis. Keanggotaan KMBP berasal dari berbagai macam universitas/perguruan tinggi di kota Palembang salah satunya yang dimana adalah Universitas Sriwijaya, Universitas Katolik Musi Charitas[4], Multi Data Palembang (MDP)[5], PalComTech, Universitas Iba, dan Universitas Tridinanti.

Kegiatan KMBP[sunting | sunting sumber]

Malam Keakraban Mahasiswa Buddhis Palembang[sunting | sunting sumber]

Malam Keakraban Mahasiswa Buddhis Palembang (MKMB) merupakan suatu acara malam keakraban yang diadakan dengan tujuan utama untuk mengumpulkan mahasiswa-mahasiswa Buddhis di kota Palembang yang berstatus Maba (mahasiswa baru) dalam rangka untuk saling mengenal antar mahasiswa Buddhis sekaligus untuk memperkenalkan Keluarga Mahasiwa Buddhis Palembang kepada mahasiswa baru. MKMB juga bertujuan untuk proses regenerasi anggota dimana setelah acara MKMB akan dilanjutkan dengan Open Recruitment bagi mahasiswa Buddhis yang berminat untuk bergabung dalam KMBP.

Dhammatalk Dhammavaganza[sunting | sunting sumber]

Dhammatalk Dhammavaganza 2016 Bersama Topi Koki

Dhammatalk Dhammavaganza (DTDV) merupakan suatu acara yang dibagi menjadi dua bagian, pertama Dhammatalk (DT), dan kedua Dhammavaganza (DV) atau terkadang kebalikannya. Dhammatalk adalah acara talk show membahas seputar Dhamma dan seputar kehidupan sehubungan dengan tema tertentu, sedangan Dhammavaganza adalah pentas drama yang dimainkan oleh anggota KMBP dengan tema yang sesuai atau berhubungan dengan Dhammatalk, sebagai bentuk contoh nyata dalam aplikasi kehidupan sehari-hari. Tema yang dibawakan dapat bersifat cukup umum sehingga masyarakat umumpun dapat menikmati DTDV dengan nyaman.

Keluarga Mahasiswa Buddhis Palembang terkahir kali menyelenggarakan Dhammatalk Dhammavaganza pada tahun 2016 (DTDV 2016 Bersama Topi Koki) dengan mengundang dua narasumber yaitu, DR. Ponijan Liaw, M.Pd., CPS[6] seorang komunikator no. 1 di Indonesia, dan Bhante Bhadravidya dengan mengangkat tema "Melepas Diri Dari Zona Nyaman Kunci Mencapai Kebahagiaan Dalam Dhamma". Acara ini diadakan di Selebriti Entertainment Center dengan dihadiri oleh 800 orang peserta.

Pekan Seni Olahraga Buddhis[sunting | sunting sumber]

PSOB 2015 Pertandingan Badminton ganda campuran

Pekan Seni Olahraga Buddhis (PSOB) atau (POB/PSB) merupakan kegiatan perlombaan dengan tujuan sebagai ajang silaturahmi dan mempererat tali persaudaraan antarumat beragama Buddhis se-kota Palembang dalam pesta olah raga dan perlombaan seni yang terbagi menjadi beberapa kategori. Pekan Olahraga Buddhis (POB) terdiri dari beberapa jenis pertandingan olah raga seperti, futsal, basket, bulu tangkis, catur, tenis meja, atau billyard. POB diadakan diberbagai macam lokasi bergantung pada tempat pertandingan tersebut. Pekan Seni Buddhis (PSB) mewakili jenis-jenis perlombaan yang bersifat seni dan umum seperti, menyanyi, fashion show, lomba memasak, story telling, menari, mewarnai dan masih banyak lagi. Kegiatan PSB pernah diadakan diberbagai lokasi seperti kampus, atau vihara. Baik POB maupun PSB memiliki kriteria masing-masing baik ketentuan umur, biaya, ataupun hadiah yang beragam.

Dhammabakti Desa Buddhis[sunting | sunting sumber]

DDB 2011

Dhammabakti Desa Buddhis (DDB) merupakan kegiatan yang dimana Keluarga Mahasiswa Buddhis Palembang berangkat mengunjungi daerah-daerah tertentu untuk memberikan suatu dukungan sosial, spiritual, maupun materi kepada masyarakat beragama Buddha di daerah yang membutuhkan. Salah satu kegiatan dalam DDB adalah melaksanakan renovasi vihara yang sangat membutuhkan bantuan dalam kelayakan tempat tinggal seperti kamar mandi, memperbaiki kerusakan bangunan, ataupun membangun fasilitas yang belum ada. Vihara yang akan direvonasi didasarkan pada data dan rekomendasi yang berasal dari Dirjen Bimas Buddha Sumatera Selatan dan juga rekomendasi dari Bhiku Sangha. Dukungan yang diberikan melalui DDB dapat juga berupa pembagian buku, alat tulis, maupun keperluan sehari-hari, ada juga seperti penyuluhan kesehatan, dan mengajak Bhante dari Palembang untuk dapat memberikan Dhammadesana kepada masyarakat Buddhis disana. Daerah yang dikunjugi merupakan daerah sekitar Sumatera Selatan dengan rata-rata jarak tempuh 6-7 jam.

Anggota KMBP yang ikut biasanya akan menginap dilokasi disebabkan dengan jarak tempuh yang jauh dan medan yang sulit dilewati. Dalam kesempatan inilah anggota KMBP dapat menjalin tali silahturahmi kepada masyarakat dan umat disana sekaligus berbagi cerita sehingga dapat saling akrab satu sama lain. Dalam merenovasi vihara, anggota KMBP berkontribusi dalam perencanaan pembangunan dan perhitungan bahan alat yang diperlukan secara matang dan maksimal.

Kegiatan Lainnya[sunting | sunting sumber]

Keluarga Mahasiswa Buddhis Palembang juga memiliki serangkaian kegiatan lainnya yang diselenggarakan setiap tahun atau beberapa tahun sekali dikarenakan kegiatan tersebut telah dianggap rutin dilaksanakan setiap tahunnya, kegiatan tersebut antara lain :

Fang Sheng[sunting | sunting sumber]

Fang Sheng (放生) atau Animal Release merupakan suatu tradisi dalam agama Buddha yaitu Fang (melepaskan) Sheng (makhluk hidup) yang berarti melepaskan makhluk hidup ke alam bebas atau ke alam habitatnya agar terhindar dari pembunuhan atau penyiksaan oleh manusia yang melakukannya.[7] Fang Sheng merupakan salah satu cara untuk membagikan cinta kasih kepada makhluk hidup dengan melepaskan hewan ke habitatnya karena pada dasarnya kita telah berkontribusi dalam menolong makhluk tersebut dari kematian atau penderitaan. Hewan yang dilepaskan pada umumnya hewan laut seperti ikan, lele, belut, atau kura-kura, terdapat hewan udara seperti burung, dan hewan darat seperti jangkrik. KMBP telah melaksanakan acara ini selama beberapa tahun terakhir dengan lokasi di kelenteng yang berada dekat dengan Sungai Musi atau anak Sungai Musi, dan mengundang suhu/bhante dari vihara tertentu untuk memimpin kebaktian Fang Sheng.

Open Recruitment[sunting | sunting sumber]

Sering juga disebut dengan OR, Open Recruitment merupakan kegiatan tahunan KMBP yang sangat penting, dimana melalui kegiatan inilah dilaksanakan suatu perekrutan dengan tujuan regenerasi anggota KMBP untuk melanjutkan kepengurusan organisasi kedepannya. Kegiatan ini biasanya dilaksanakan saat mendekati akhir tahun dan dilanjutkan dengan Pelantikan anggota baru KMBP dengan rangkaian acara prosesi pelantikan hingga perkenalan lebih dalam lagi mengenai KMBP itu sendiri. Keanggotaan KMBP terdiri dari anggota biasa, alumni, dan anggota luar biasa.

Hari Ulang Tahun KMBP[sunting | sunting sumber]

HUT KMBP adalah kegiatan perayaan hari jadi Keluarga Mahasiswa Buddhis Palembang yang jatuh pada tanggal 27 November 1983 dan dilaksanakan pada hari yang bertepatan atau berdekatan dengan tanggal tersebut. Dalam HUT KMBP ini terdapat berbagai macam kegiatan yang dibentuk setiap tahunnya, seperti melakukan Roadshow vihara-vihara, kegiatan bakti sosial, ataupun Fang Sheng dan juga mengundang alumni-alumni dari KMBP untuk hadir ikut bersama.

Rangkaian acara dalam HUT KMBP yang pernah dilaksanakan adalah mengadakan lomba membuat video dengan tema ulang tahun KMBP, pemotongan kue ulang tahun, kata sambutan dari alumni-alumni, serta masih banyak lagi. Kegiatan HUT KMBP juga memberikan kesempatan bagi anggota-anggotanya untuk dapat menjadi saling lebih mengakrabkan diri dan mendekatkan diri sebagai keluarga di dalam KMBP.

Roadshow KMBP[sunting | sunting sumber]

Merupakan kegiatan Roadshow yang dilaksanakan di vihara-vihara yang ada di kota Palembang. Kegiatan ini dilaksanakan dengan tujuan untuk memperkenalkan KMBP sekaligus menjalin relasi pertemanan kepada vihara-vihara serta muda-mudi di kota Palembang agar KMBP yang merupakan wadah yang independen dan netral dapat berbaur dan bergaul dengan masyarakat Buddhist yang berasal dari aliran, maupun majelis yang berbeda di kota Palembang.

Rangkaian acara berupa Games yang diberikan oleh KMBP kepada muda-mudi vihara dengan tujuan melatih kerja sama, kekompakan, dan memahami makna sebenarnya dibalik keseruan permainan tersebut, selain itu tentu saja perkenalan singkat mengenai apa itu KMBP kepada para muda-mudi vihara.

Badan Semi Otonom KMBP[sunting | sunting sumber]

Keluarga Mahasiswa Buddhis Palembang memiliki dua Badan Semi Otonom (BSO) yaitu BSO Kakak Asuh Buddhis (KAB) dan Citta. Kedua badan tersebut berdiri secara semi otonom dan memiliki ketua, sekretaris, bendahra, dan anggota masing-masing, setiap BSO memiliki hak untuk membuat kegiatan dan program kerja sendiri serta berkewajiban untuk melaporkan kegiatan dan laporan keuangan kepada KMBP itu sendiri.

Kakak Asuh Buddhis (KAB)[sunting | sunting sumber]

Didirikan dengan tujuan untuk membantu pendidikan adik asuh Buddhis yang terkendala secara ekonomi keluarga. KAB memberikan bantuan berupa pendidikan akademik dan membiayai uang sekolah mereka setiap bulan serta memfasilitasi mereka berupa barang-barang yaitu alat tulis, buku, dan lain-lain. Keuangan KAB berasal dari donatur-donatur tetap maupun tidak tetap yang memberikan bantuan berupa dana untuk memenuhi kebutuhan adik asuh Buddhis salah satunya keperluan uang sekolah. Pengajar/anggota dari KAB berasal dari anggota KMBP yang bersedia untuk menjadi tenaga pengajar untuk adik asuh Buddhis yang berasal dari berbagai macam tingkatan sekolah (TK, SD, SMP, SMA).

CITTA[sunting | sunting sumber]

Bergerak di bidang jurnalistik yang bertugas untuk meliput suatu acara, berkreasi, dan bertujuan untuk menyebarkan Dhamma melalui media, baik media online maupun meida cetak. Citta memberikan pengetahuan dan fasilitas kepada anggota KMBP mengenai jurnalistik, media, maupun berkreasi dalam media cetak maupun online. Citta telah merilis media cetak berupa majalah citta dengan beberapa edisi dengan konten-konten yang diharapkan dapat memberi manfaat bagi masyarakat diluar sana.

Daftar Ketua Umum KMBP[sunting | sunting sumber]

No. Nama Tahun Menjabat
1. Sutanto Muliawan 1983 - 1985
2. Ruslan 1985 - 1987
3. Huta 1987 - 1989
4. Wiman 1989 - 1991
5. Herry Gunawan Chandra 1991 - 1993
6. Juniarti Salim 1993 - 1995
7. Alm. Noriady 1995 - 1997
8. Iwan Jaya 1997 - 1999
9. Regen Kusuma 1991 - 2001
10. Alwi 2001 - 2003
11. Julianto Haryansyah 2003 - 2005
12. Susanti Djakidjan 2005 - 2006
13. Arifin 2006 - 2008
14. Christin Wijaya 2008 - 2010
15. Tony Septianto 2010 - 2012
16. William Chandra 2012 - 2014
17. Febri Rusdi 2014 - 2016
18. Deni Yapijan (sekarang) 2016 - 2018

Pranala Luar[sunting | sunting sumber]

Refrensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Kornfield, Jack; Fronsdal, Gil (2012). Teachings of the Buddha. Shambhala Publications. ISBN 9781590308974. 
  2. ^ "Keluarga Mahasiswa Buddhis Palembang". kmbpalembang.blogspot.co.id. Diakses tanggal 2017-06-16. 
  3. ^ Mardizal, Jonni; Rosyadi, Herry; Erdavit, Arif (2010). Direktori organisasi kepemudaan (dalam Indonesian). Asisten Deputi Pemberdayaan Lembaga Kepemudaan, Deputi Bidang Pemberdayaan Pemuda, Kementerian Pemuda dan Olahraga. 
  4. ^ "Universitas Katolik Musi Charitas". ukmc.ac.id. Diakses tanggal 2017-06-16. 
  5. ^ upt-si@mdp.ac.id. "AMIK, STMIK dan STIE MDP Palembang | Kampus Inovasi". mdp.ac.id (dalam Indonesian). Diakses tanggal 2017-06-16. 
  6. ^ Liaw, Dr Andrew Ho, Dr Ponijan. Great Motivation Smart Communication (dalam Indonesian). PT Gramedia Pustaka Utama. ISBN 9789792258295. 
  7. ^ Cheng, Chuan (2014-03-17). Ethical Treatment of Animals in Early Chinese Buddhism: Beliefs and Practices. Cambridge Scholars Publishing. ISBN 9781443857789.