Keluarga Anies Baswedan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Keluarga Anies Baswedan
Kelompok etnisArab
Tempat asalYogyakarta, Indonesia
Anggota
Anggota terkait
Keluarga terkaitKeluarga Baswedan

Keluarga Anies Baswedan adalah sekelompok individu yang memiliki hubungan darah atau keluarga dengan Anies Baswedan, termasuk istri, anak, menantu, adik, orang tua, kakek-nenek, paman-bibi, maupun hubungan keluarga yang terikat secara hukum seperti yang ditimbulkan setelah pernikahan yang sah menurut hukum yang berlaku, misalnya ipar dan besan.

Istri[sunting | sunting sumber]

Anies Baswedan pertama kali bertemu dengan Fery Farhati ketika mereka berkuliah di Universitas Gadjah Mada.[1] Saat itu, Fery menjadi mahasiswi di Fakultas Psikologi, sedangkan Anies mahasiswa di Fakultas Ekonomi. Nama Anies Baswedan begitu populer di kampus, sehingga Fery telah mengetahui Anies sebelum mereka berdua berkenalan. Seusai berkenalan, mereka justru jarang bertemu karena Anies begitu sibuk mengurus dan memimpin organisasi di kampus. Setelah menyelesaikan pendidikannya, Anies melangsungkan pernikahan dengan Fery Farhati pada 11 Mei 1996 dan dari pernikahannya tersebut dikaruniai empat orang anak, diantaranya Mutiara Annisa Baswedan, Mikail Azizi Baswedan, Kaisar Hakam Baswedan, dan Ismail Hakim Baswedan.

Anak[sunting | sunting sumber]

Mutiara Annisa Baswedan[sunting | sunting sumber]

Mutiara Annisa (lahir 3 Juni 1997) adalah putri pertama dari pasangan Anies Baswedan dan Fery Farhati. Dalam keluarga, dia merupakan anak perempuan satu-satunya dan menjadi anak sulung. Pada jenjang sekolah menengah atas, ia bersekolah di SMA Labschool Kebayoran dan melanjutkan pendidikannya di Fakultas Hukum Universitas Indonesia hingga memperoleh gelar Sarjana Hukum pada tahun 2020.[2] Mutiara menikah dengan teman sesama kampusnya, Ali Saleh Alhuraiby pada 29 Juli 2022 dan digelar resepsi pernikahan dua hari setelahnya dengan nuansa adat Jawa.[3]

Mikail Azizi Baswedan[sunting | sunting sumber]

Mikail Azizi (lahir 23 April 2000) adalah putra pertama atau anak kedua dari pasangan Anies Baswedan dan Fery Farhati.[4] Ia berhasil menjadi salah satu peserta United World Colleges pada 2016 untuk menempuh pendidikan sekolah menengah atas di India dan lulus pada 2018.[5][6] Ia tercatat menjadi mahasiswa Akuntansi di Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia sejak 2019.[6]

Lain-lain[sunting | sunting sumber]

Orang tua dan saudara kandung[sunting | sunting sumber]

Ayah kandung Anies Baswedan bernama Rasyid Baswedan (1934 (1934) – 13 September 2013)[7] yang merupakan anak dari Abdurrahman Baswedan dan Sjaichun. Ia merupakan seorang akademisi yang pernah menjabat Wakil Rektor Universitas Islam Indonesia. Pada 1968, Rasyid menikahi Aliyah Rasyid. Saat itu, Rasyid menjadi dosen di Fakultas Ekonomi Universitas Islam Indonesia. Dari pernikahan mereka dikaruniai empat orang anak, yaitu Anies Baswedan, Haifa Baswedan, Ridwan Baswedan,[8] dan Abdillah Baswedan.

Referensi[sunting | sunting sumber]