Kelompok Shanxi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Para prajurit Yan Xishan di Liaozhou (sekarang County Zuoquan) pada 1925 saat berperang dengan panglima perang Henan, Fan Zhongxiu.

Kelompok Shanxi (Tionghoa: 晉系) adalah salah satu faksi militer yang terpecah dari Tentara Beiyang pada era Panglima Perang di Tiongkok. Meskipun merupakan rekan dekat Duan Qirui, gubernur militer Shanxi, Yan Xishan, tidak ikut dalam kelompok Anhui pimpinan Duan. Ia menjaga kenetralan provinsinya dari berbagai perang saudara yang dihadapi oleh negara tersebut, meskipun ia akan melawan pasukan dari kelompok lain jika mereka menerobos perbatasan provinsi. Pada 1927, saat berhadapan dengan pasukan Tentara Revolusioner Nasional yang berjumlah lebih banyak, kelompok Fengtian mengeluarkan sebuah ultimatum agar Yan masuk pihak mereka. Yan malah bergabung dengan TRN dan menggerakkan tentara Fengtian dari Beijing. Sebagai imbalan, Kuomintang mengizinkan kelompok Shanxi untuk memperluas wilayahnya sampai ke laut Hebei, Shandong.[1]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Ke-wen Wang (1998). Modern China: an encyclopedia of history, culture, and nationalism. Taylor & Francis. hlm. 399. ISBN 978-0-8153-0720-4.