Kelompok Ananke

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Diagram ini menggambarkan satelit ireguler terbesar di Jupiter. Lokasi kelompok Ananke diilustrasikan oleh kehadiran Ananke agak di bagian bawah. Posisi objek pada sumbu horizontal menunjukkan jaraknya dari Jupiter. Sumbu vertikal menunjukkan inklinasinya. Eksentrisitas ditunjukkan oleh garis-garis kuning yang menggambarkan jarak maksimum dan minimum objek dari Jupiter. Lingkaran menggambarkan ukuran objek dibandingkan dengan yang lain.

Kelompok Ananke adalah salah satu kelompok satelit ireguler retrograde Jupiter yang mengikuti orbit yang mirip dengan orbit Ananke, dan diperkirakan memiliki asal yang sama.

Sumbu semi-mayor (jarak dari Jupiter) dari satelit-satelit dalam kelompok ini berkisar antara 19,3 dan 22,7 Gm. Inklinasi orbit mereka berkisar antara 145,7° dan 154,8°. Sedangkan eksentrisitas orbitnya berada di antara 0,02 dan 0,28.

Anggota inti termasuk (dari yang terbesar hingga yang terkecil):[1][2]

Persatuan Astronomi Internasional (IAU) mencadangkan nama yang berakhiran huruf -e untuk semua satelit retrograde, termasuk anggota dari kelompok ini.

Asal[sunting | sunting sumber]

Diagram ini menawarkan bidang pandang yang lebih luas daripada yang sebelumnya, menunjukkan satelit kecil lainnya yang berkerumun di dekat kelompok inti Ananke.

Kelompok Ananke diyakini terbentuk ketika sebuah asteroid ditangkap oleh gravitasi Jupiter, yang kemudian bertabrakan dan terpecah menjadi beberapa bagian. Keyakinan ini didasarkan pada fakta bahwa dispersi dari parameter rata-rata orbit[a] dari anggota inti kelompok tersebut sangat kecil dan dapat diperhitungkan dengan impuls kecepatan yang kecil (15 < δV < 80 m/s), yang cocok dengan skema satu tabrakan dan perpecahan.[3]

Berdasarkan ukuran dari gabungan semua satelit dalam kelompok ini, asteroid aslinya mungkin berdiameter sekitar 28 km. Karena nilai tersebut mendekati perkiraan diameter Ananke sendiri, kemungkinan besar tubuh induknya (yang saat ini menjadi satelit Ananke) tidak banyak terganggu.[4]

Studi fotometrik yang tersedia menambah kredibilitas lebih lanjut untuk tesis asal umum tersebut. Tiga satelit dari kelompok ini (Harpalyke, Praxidike, dan Iocaste) menampakkan warna abu-abu yang mirip (indeks warna rata-rata: B−V = 0,77 dan V−R = 0,42) sementara Ananke sendiri berada di batas warna antara abu-abu dan merah muda.[5]

Diagram ini membandingkan elemen orbit dan ukuran relatif dari anggota inti kelompok Ananke. Sumbu horizontal menggambarkan jarak rata-rata mereka dari Jupiter, sumbu vertikal menunjukkan inklinasi mereka, dan lingkaran menunjukkan ukuran relatif mereka.

Catatan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Parameter orbit oskulasi satelit ireguler Jupiter sering berubah drastis dalam interval pendek karena gangguan berat oleh Matahari. Misalnya, perubahan sumbu semi-mayor sebanyak 1 Gm dalam 2 tahun, eksentrisitas sebanyak 0,5 dalam 12 tahun, dan sebanyak 5° dalam 24 tahun telah dilaporkan. Elemen orbit rata-rata adalah rata-rata yang dihitung dengan integrasi numerik elemen saat ini dalam periode waktu yang lama, yang digunakan untuk menentukan kelompok yang dinamis.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Scott S. Sheppard, David C. Jewitt, Carolyn Porco. Jupiter's outer satellites and Trojans, In: Jupiter. The planet, satellites and magnetosphere. Edited by Fran Bagenal, Timothy E. Dowling, William B. McKinnon. Cambridge planetary science, Vol. 1, Cambridge, UK: Cambridge University Press,
  2. ^ David Nesvorný, Cristian Beaugé, and Luke Dones. Collisional Origin of Families of Irregular Satellites, The Astronomical Journal, 127 (2004), pp. 1768–1783 Full text.
  3. ^ David Nesvorný, Jose L. A. Alvarellos, Luke Dones, and Harold F. Levison Orbital and Collisional Evolution of the Irregular Satellites, The Astronomical Journal,126 (2003), pages 398–429. (pdf)
  4. ^ Sheppard, Scott S.; Jewitt, David C. (May 5, 2003). "An abundant population of small irregular satellites around Jupiter". Nature. 423 (6937): 261–263. Bibcode:2003Natur.423..261S. doi:10.1038/nature01584. PMID 12748634.  (pdf). Diarsipkan August 13, 2006, di Wayback Machine.
  5. ^ Grav, Tommy; Holman, Matthew J.; Gladman, Brett J.; Aksnes, Kaare Photometric survey of the irregular satellites,Icarus, 166,(2003), pp. 33-45. Preprint