Kelly Loeffler

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Kelly Loeffler
Senator Amerika Serikat
dari Georgia
Masa jabatan
6 Januari 2020 – 20 Januari 2021
Ditunjuk olehBrian Kemp
Informasi pribadi
Lahir
Kelly Lynn Loeffler

27 November 1970 (umur 53)
Bloomington, Illinois, A.S.
Partai politikRepublik
Suami/istri
(m. 2004)
PendidikanUniversitas Illinois Urbana-Champaign (BS)
Universitas DePaul (MBA)
Sunting kotak info
Sunting kotak info • L • B
Bantuan penggunaan templat ini

Kelly Lynn Loeffler (/ˈlɛflər/; lahir 27 November 1970) adalah seorang pengusaha dan politikus Amerika Serikat, yang menjabat sebagai Senator Amerika Serikat untuk Georgia dari tahun 2020 hingga 2021. Loeffler merupakan anggota Partai Republik, ia adalah mantan pejabat eksekutif tertinggi (CEO) Bakkt, sebuah anak perusahaan penyedia layanan keuangan dan komoditas Intercontinental Exchange, milik suaminya, Jeffrey Sprecher. Ia adalah salah satu mantan pemilik klub bola basket Atlanta Dream yang bermain di Women's National Basketball Association (WNBA).[1]

Brian Kemp, Gubernur Georgia dari Partai Republik, menunjuk Loeffler untuk menjadi senator pada Desember 2019 setelah senator Johnny Isakson mengundurkan diri karena alasan kesehatan. Loeffler mencalonkan diri dalam pemilihan sela Senat A.S. Georgia 2020, ia berusaha untuk menduduki kursi Senat hingga 3 Januari 2023. Ia menempati posisi kedua dalam pemilihan tanggal 3 November, kemudian ia maju ke putaran kedua yang diadakan pada 5 Januari 2021 berhadapan dengan calon dari Demokrat Raphael Warnock.[2] Ia kalah dalam pemilihan putaran kedua dari Warnock. Dalam pemilihan yang sama, sesama senator Georgia, David Perdue, juga kalah. Ketika masa jabatan Perdue berakhir pada 3 Januari 2021, Loeffler naik menjadi "senator senior" dari Georgia, suatu kehormatan yang dipegangnya selama kurang dari tiga minggu, sampai Warnock dilantik.

Loeffler bersekutu dengan Presiden Donald Trump, menggembar-gemborkan "rekaman suara Trump 100 persen" selama kampanye.

Setelah pemilu November 2020, Loeffler dan sesama senator Georgia David Perdue mengklaim tanpa memberikan bukti bahwa telah terjadi kegagalan yang tidak spesifik dalam pemilu, dan menyerukan pengunduran diri Sekretaris Negara Bagian Georgia Brad Raffensperger, yang menolak tuduhan itu. Ia kemudian mendukung gugatan dari sekutu Trump yang berusaha untuk membatalkan hasil pemilu,[3] dan juga mengumumkan niatnya untuk menolak sertifikasi hasil Electoral College di Kongres.[4] Setelah penyerbuan Gedung Capitol pada 6 Januari 2021, Loeffler mengumumkan bahwa ia akan mencabut keberatannya terhadap sertifikasi suara elektoral dan kemudian memilih untuk mengesahkan.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Zirin, Dave (3 Maret 2021). "Kelly Loeffler Just Lost Her WNBA Team to a Player She Refused to Meet". The Nation. Diakses tanggal 4 Maret 2021. 
  2. ^ Fandos, Nicholas (3 November 2020). "Democrat Warnock Leads Loeffler as Georgia Senate Race Heads to a Runoff". The New York Times. Diarsipkan dari versi asli tanggal 5 November 2020. Diakses tanggal 5 November 2020. 
  3. ^ Bluestein, Greg (9 Desember 2020). "Trump warns Georgia AG not to rally other Republicans against Texas lawsuit". The Atlanta Journal-Constitution. Diarsipkan dari versi asli tanggal 17 Desember 2020. Diakses tanggal 10 Desember 2020. 
  4. ^ Kenny, Caroline. "Loeffler says she'll object to certification of Biden's Electoral College win". CNN. Diakses tanggal 2021-01-05. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Senat Amerika Serikat
Didahului oleh:
Johnny Isakson
Senator Amerika Serikat (Kelas 3) dari Georgia
2020–2021
Menjabat bersama dengan: David Perdue
Diteruskan oleh:
Raphael Warnock