Kucing Kellas

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari

Kucing Kellas

Asal  Skotlandia
Catatan
Kucing Kellas bukan ras kucing, tetapi ras lokal kucing hibrida.
Kucing hibrida (Felis catus × ?)

Kucing Kellas adalah kucing hitam kecil yang ditemukan di Skotlandia. Kucing Kellas kemudian dianggap sebagai kucing liar mitologi, dengan beberapa penampakan yang dianggap sebagai pemberitaan palsu. Spesimen tersebut kemudian telah ditembak dan dibunuh pada tahun 1984 oleh seorang pengawas hewan liar bernama Ronnie Douglas dan termasuk hewan hibrida antara sub-spesies liar dan domestik dari Felis silvestris.[1] Kucing Kellas tidak termasuk sebagai ras kucing, tetapi termasuk ras lokal kucing hibrida. Spesimen ini diberi nama oleh seorang kriptozoologi bernama Karl Shuker setelah pertama kali kucing Kellas ditemukan di desa Kellas, Moray. Shuker menyatakan bahwa cat sìth adalah kucing dari legenda Kelt yang didasarkan pada ingatan rakyat dari kucing Kellas.

Kucing Kellas digambarkan memiliki panjang yang lebih dari 65 cm (25 inci), dengan kaki belakang yang kuat dan panjang dan ekor yang dapat memanjang hingga sekitar 30 cm (12 inci). Sebuah spesimen kucing Kellas telah disimpan di museum di Elgin.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ (Inggris) Walker's Carnivores of the World oleh Ronald M. Nowak, Ernest Pillsbury Walker, dan David W. MacDonald, h. 237. Diakses 10 Agustus 2014.
  • (Inggris) Karl Shuker: "Mystery Cats of the World". Robert Hale: London 1989. ISBN 0-7090-3706-6
  • (Inggris) Karl Shuker: "The Kellas Cat: Reviewing an Enigma". Cryptozoology, vol. 9, pp. 26–40 (1990)

Templat:Skotlandia-stub