Kelak-kelok

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Gambar kelak-kelok.

Kelak-kelok (Inggris: zigzag) adalah pola yang terdiri dari penjuru kecil pada sudut berubah-ubah walaupun tetap berliku-liku. Kelak-kelok dapat diuraikan sebagai jalur antara dua garis sejajar, yang biasanya lancip dan berliku-liku dengan cukup teratur. Pola ini juga disebut sebagai kelang-kelok, belak-belok, bengkang-bengkok, biku-biku, lika-liku atau legat-legot.

Dalam geometri, pola ini digambarkan sebagai apeirogon miring. Dari sudut pandang simetri, kelak-kelok teratur dapat dihasilkan dari pola sederhana seperti ruas garis dengan menggunakan pencerminan geser yang berulang.

Etimologi[sunting | sunting sumber]

Walaupun asal-usul kata zig-zag tidak jelas, kata tersebut pertama kali muncul dalam buku dan efemera berbahasa Prancis pada akhir abad ke-17.[1]

Contoh[sunting | sunting sumber]

Penggaris tukang kayu berukuran 2 meter dengan satuan sentimeter
Peringatan rambu jalan untuk tikungan berkelok-kelok yang akan datang
Sebuah seismograf menunjukkan garis kelak-kelok

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Rujukan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Google Books: "Word Origins and how we know them"
  2. ^ Allen, Terry (1986). "4". A Classical Revival in Islamic Architecture. Wiesbaden. 
  3. ^ Allen, Terry (2008). Pisa and the Dome of the Rock (electronic publication) (edisi ke-2nd). Occidental, California: Solipsist Press. ISBN 978-0-944940-08-2. Diakses tanggal 28 Januari 2012. 
  4. ^ "Seismograph - What is a seismograph?". SMS-Tsunami-Warning.com (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 8 Januari 2023. 

Daftar pustaka[sunting | sunting sumber]