Kekrops II

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Kekrops II (bahasa Yunani Kuno: Κέκρωψ) merupakan seorang putra legendaris atau semi-legendaris Pandion I dan mewarisi takhta Athena dari saudaranya Erechtheus.

Kekrops konon membagi wilayahnya menjadi dua belas distrik; Strabo yang menugaskan Kekropeia, Tetrapolis, Epacria, Dekeleia, Eleusina, Aphidna, Thorikos, Brauron, Cytherus, Sphettus, dan Kephisia.[1] Di masing-masing distrik ada sebuah kota atas desa, di mana ia mengenalkan sebuah bentuk agama, mendirikan altar kepada para dewa, dan menyebabkan keadilan diberikan sesuai dengan beberapa undang-undang yang dipersyaratkan.

Setelah berkuasa selama empat puluh tahun, ia digulingkan oleh Metion dan Pandorus, dan melarikan diri ke Aegilia atau Aegialea di mana ia akan meninggal.

Kekrops digantikan oleh putranya, Pandion II di Athena (meskipun Pandion II juga dikatakan adalah keponakannya, putra Erechtheus).

Gelar kebangsawanan
Didahului oleh:
Erechtheus
Raja Athena Diteruskan oleh:
Pandion II

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Thus only eleven names are given in the most important MSS., though "Phalerus" appears after "Cephisia" in some (see critical note on opposite page). But it seems best to assume that Strabo either actually included Athens in his list or left us to infer that he meant Athens as one of the twelve." http://penelope.uchicago.edu/Thayer/E/Roman/Texts/Strabo/9A*.html#note49