Kekristenan pada abad ke-17

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Halaman pertama Kitab Kejadian dari edisi pertama tahun 1611 dari Authorized King James Version. KJV adalah sebuah terjemahan bahasa Inggris Modern Awal dari Alkitab buatan para anggota tertentu dari Gereja Inggris yang dimulai pada 1604 dan selesai pada 1611.[1]
John Winthrop (1587/8-1649), Gubernur Koloni Teluk Massachusetts, yang memimpin orang-orang Puritan dalam Migrasi Besar, bermula pada 1630.

Pada abad ke-17, kegiatan misionaris di Asia dan Amerika bertumbuh kuat, mengakar, dan mengembangkan lembaga-lembaganya, meskipun menghadapi pemberontakan kuat di Jepang. Pada saat yang sama, kolonisasi Kristen di beberapa kawasan di luar Eropa meraih kesuksesan, yang digerakkan oleh alasan ekonomi serta keagamaan. Para pedagang Kristen sangat terlibat dalam perdagangan budak Atlantik, yang memiliki dampak pengiriman orang-orang Afrika ke komunitas Kristen. Sebuah perang lahan antara Kristen dan Islam berlanjut, dalam bentuk kampanye-kampanye Kekaisaran Habsburg dan Kekaisaran Utsmaniyah di Balkan, sebuah titik balik yang terjadi di Wina pada 1683. Ketsaran Rusia, dimana Gereja Ortodoks menjadi agama negara, meluas ke kawasan selatan sampai Siberia dan Asia Selatan, kawasan-kawasan Islam dan shamanistik, dan juga kawasan selatan di Ukraina, dimana Gereja-Gereja Katolik Timur berkembang.

Terdapat sejumlah besar kesusastraan Kristen yang diterbitkan, terutama karya kontroversial dan milenial selain juga sejarah dan pembelajaran. Hagiografi menjadi lebih kritis dengan Bollandis, dan sejarah gerejawi menjadi makin berkembang dan diperdebatkan, dengan para cendekiawan Katolik seperti Baronius dan Jean Mabillon, dan Protestan seperti David Blondel menaungi pembelajaran. Seni Kristen Barok dan musik yang muncul dari bentuk-bentuk gereja mempengaruhi para artis awam memakai ekspresi dan tema sekuler. Syair dan drama sering mengutip Alkitab dan materi keagamaan, contohnya Paradise Lost karya John Milton.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ (fascimile & Dedicatorie): "And now at last, ...it being brought unto such a conclusion, as that we have great hope that the Church of England (sic) shall reape good fruit thereby..."

Bacaan tambahan[sunting | sunting sumber]

  • Esler, Philip F. The Early Christian World. Routledge (2004). ISBN 0-415-33312-1.
  • White, L. Michael. From Jesus to Christianity. HarperCollins (2004). ISBN 0-06-052655-6.
  • Freedman, David Noel (Ed). Eerdmans Dictionary of the Bible. Wm. B. Eerdmans Publishing (2000). ISBN 0-8028-2400-5.
  • Pelikan, Jaroslav Jan. The Christian Tradition: The Emergence of the Catholic Tradition (100-600). University of Chicago Press (1975). ISBN 0-226-65371-4.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]