Kekristenan menurut negara

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Kristen - Persentase menurut negara

Pada tahun 2020 kekristenan memiliki sekitar 2,6 miliar pengikut. Iman mewakili sekitar sepertiga. dari populasi dunia dan merupakan agama terbesar di dunia, dengan sekitar 38.000 denominasi Kristen . Kristen terdiri sekitar 35 persen dari populasi dunia untuk sekitar 100 tahun. Denominasi Kristen terbesar adalah Gereja Katolik Roma, dengan 1.408.000.000 penganut, mewakili setengah dari semua orang Kristen .

Kristen adalah agama dominan di Eropa, Rusia, Amerika, Filipina, Afrika Selatan, Afrika Tengah, Afrika Timur dan Oceania . Ada juga komunitas Kristen yang besar di bagian lain dunia, seperti Asia Tengah dan Tengah Timur, di mana Kekristenan adalah agama terbesar nomor 1 di dunia diikuti dengan agama Islam dengan pemeluk sejumlah 1,6 Miliar. Amerika Serikat adalah negara Kristen terbesar di dunia dengan populasi, diikuti oleh Brasil dan Meksiko.

Kristen, dalam satu bentuk atau lain, adalah agama negara dari 16 negara berikut: Argentina (Gereja Katolik Roma), Bolivia (Gereja Katolik Roma dan Kristen), Kosta Rika (Gereja Katolik Roma), Denmark (Danish National Church), El Salvador (Gereja Katolik Roma), Inggris (Gereja Inggris), Yunani (Gereja Yunani), Georgia (Gereja Ortodoks Georgia), Islandia (Gereja Islandia), Liechtenstein (Gereja Katolik Roma), Malta (Gereja Katolik Roma), Monako (Gereja Katolik Roma), Norwegia (Gereja Norwegia), Kota Vatikan (Roma Gereja Katolik), Swiss (Gereja Katolik Roma, Gereja Reformasi Swiss dan Kristen Gereja Katolik dari Swiss).

Negara-negara pertama yang mengadopsi kekristenan adalah:

Daftar[sunting | sunting sumber]

Negara Berdaulat[sunting | sunting sumber]