Kekristenan di Kirgizstan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Kristen Ortodoks Timur adalah denominasi Kristen terbesar di Kirgistan dengan 700.000 sampai 1,1 juta pengikut yang terdiri dari etnis Rusia dan Ukraina. Sebuah minoritas kecil dari etnis Jerman juga sebagai Kristen, kebanyakan mereka adalah Lutheran dan Anabaptis serta komunitas Katolik Roma dengan jumlah sekitar 1500[1] [1].

Gereja Katolik Roma[2][sunting | sunting sumber]

Umat ​​Katolik disebutkan ada di wilayah ini sejak abad ke-14, terutama di wilayah yang sekarang adalah Kazakhstan. Para misionaris Katolik Roma datang di Kirgistan terutama dari China, sampai pergantian abad ke-19 dan ke-20. Sejak 1918-1930, wilayah Kyrgyzstan berada di bawah paroki Tashkent. Pada tahun 1937, mulai ada penganiayaan terhadap Gereja Katolik Roma, gereja-gereja dihancurkan dan semua imam dideportasi atau dieksekusi. Pada waktu itu, karena deportasi massal ke Asia Tengah (yang tidak memiliki hubungan bahkan dalam era tsar), datang dan masuk umat Katolik dari daerah Volga, Ukraina, daerah Polandia dan Laut Baltik.

Di Kyrgyzstan, ada 268 orang Kristen pada tahun 1999. Sebagian dari mereka adalah keturunan Jerman, Polandia, Latvia dan Lithuania yang dideportasi dan sebagian adalah warga negara dari negara-negara lain (diplomat, pekerja organisasi internasional).

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]