Kekristenan di Bhutan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Situs internet Prancis "Aide à l'Eglise en détresse" (Bantuan kepada Gereja yang Membutuhkan) menempatkan sosok Kristen di Bhutan sebanyak 12.255, dengan 1.000 Katolik Roma, sehingga membentuk 0,9% dari total populasi. Populasi juga terdiri dari 84% Budha, 11,4% Hindu, 3,4% Animisme dan 0,3% tidak terkategorikan.[1]

Asal[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 1627 dua Jesuit Portugal, Fr. Estêvão Cacella dan Fr. João Cabral, melakukan perjalanan dari Cochin dan mencoba untuk membuat rute baru ke misi Jesuit di Shigatse, Tibet,[2] mengunjungi Bhutan. Sementara di Bhutan, Bapa Cacella dan Bapa Cabral bertemu Zhabdrung Ngawang Namgyal, pendiri dan pemimpin agama dari negara Bhutan, dan menghabiskan sebulan di istananya. "Zhabdrung sangat menganjurkan Jesuit untuk tinggal dan bahkan memungkinkan mereka untuk menggunakan ruang di Cheri [Monastery] sebagai kapel, mereka mendarat di Paro untuk membangun sebuah gereja dan mengirim beberapa petugas sendiri untuk bergabung dengan jemaat. Dengan tidak berhasil dalam konversi dan meskipun banyak keputusasaan dari Zhabdrung terhadap kepergian mereka, para Jesuit akhirnya berangkat ke Tibet "[3] Pada akhir singgahnya yang hampir delapan bulan di negara itu, Pastor Cacella menulis surat panjang dari Biara Cheri, kepada atasannya di Cochin di Malabar Coast; laporan The relação, terkait kemajuan perjalanan mereka. Kunjungan mereka juga dikuatkan dalam sumber-sumber Bhutan kontemporer, termasuk biografi Zhabdrung Ngawang Namgyal.[4]

Konstitusi 2008[sunting | sunting sumber]

Pasal 7 Konstitusi 2008 menjamin kebebasan beragama, tetapi juga melarang konversi 'dengan cara paksaan atau bujukan'.[5] Menurut Open Doors, banyak orang Bhutan menghambat kemampuan orang Kristen untuk menyebarkan agama.[6]

Komunitas kristen[sunting | sunting sumber]

Ada populasi Kristen yang relatif besar di Southern Bhutan.[7]

Katolik Roma[sunting | sunting sumber]

Secara teritorial, Katolik Roma di Bhutan milik Keuskupan Darjeeling di India.[8]

Protestan[sunting | sunting sumber]

Ada lebih banyak Protestan daripada Katolik di Bhutan.[9]

Budha Mahayana sebagai agama resmi[sunting | sunting sumber]

Budha Mahāyāna adalah agama resmi di Bhutan.[10] Bhutan adalah negara yang tersisa di mana agama Buddha dalam tantranya, bentuk Vajrayana, juga disebut lamaisme, adalah agama resmi.[11]

Sesuai dengan pasal 3 Konstitusi 2008, "Buddhisme adalah warisan spiritual Bhutan, yang mempromosikan prinsip-prinsip dan nilai-nilai perdamaian, non-kekerasan, kasih sayang dan toleransi". "The Druk Gyalpo [atau Raja] adalah pelindung dari semua agama di Bhutan". Pasal 3 menetapkan bahwa "Ini akan menjadi tanggung jawab lembaga-lembaga keagamaan dan kepribadian untuk mempromosikan warisan spiritual negara sementara juga memastikan bahwa agama tetap terpisah dari politik di Bhutan. Lembaga keagamaan dan kepribadian akan tetap berada di atas politik. "

Karena konstitusi itu sendiri menyatakan bahwa warisan spiritual Bhutan adalah Buddhisme dan juga mengatakan "Ini akan menjadi tanggung jawab lembaga-lembaga keagamaan dan kepribadian untuk mempromosikan warisan spiritual", menyiratkan bahwa itu adalah tanggung jawab dari agama-agama lain untuk mempromosikan Buddhisme, yang berefek membebankan politik melalui konstitusi, Buddha sebagai agama nasional.

Penyebaran[sunting | sunting sumber]

Menurut Laporan Departemen Luar Negeri AS 2007 tentang Kebebasan Beragama Internasional tidak ada konversi agama dengan dipaksa yang telah terjadi.[12]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Bhoutan, Aide à l'Église en détresse, "Appartenance religieuse" Diarsipkan 2012-06-04 di Archive.is.
  2. ^ David M. Malone (March 2008). "Our Man in Bhutan". Literary Review of Canada. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2008-04-21. Diakses tanggal 2008-03-11. 
  3. ^ Karma Phuntsho (2013). The History of Bhutan (dalam bahasa English). Random House India. hlm. 224-227. ISBN 9788184003116. 
  4. ^ gTsang mKhan-chen ’Jam-dbyangs dPal-ldan rGyamtsho (c.1675). Dpal ’brug pa rin po che ngag dbang rnam rgyal gyi rnam par thar pa rgyas pa chos kyi sprin chen po’i dbyangs, in 5 parts (Ka - Ca) and a supplement (Cha).Reprint by Topden Tshering entitled The Detailed Biography of the First Zabs-drung Rinpoche of Bhutan Ngag-dbang-rnam-rgyal (Ngag-dbang-bdud-’joms-rdo-rje) (Dolanji, 1974, from the Punakha woodblocks of ca. 1797-1802)
  5. ^ The Constitution of the Kingdom of Bhutan (PDF) (dalam bahasa English). Royal Government of Bhutan. 2008. hlm. 14. Diarsipkan dari versi asli (PDF) tanggal 2018-12-25. Diakses tanggal 2014-05-01. 
  6. ^ Bhutan Diarsipkan 2010-07-26 di Wayback Machine., Open Doors.
  7. ^ "Persecuted Countries: Bhutan". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2007-10-14. 
  8. ^ [1] Diarsipkan 2012-06-04 di Archive.is, Bhoutan, sur le site Aide à l'Église en détresse: "[le] diocèse indien de Darjeeling [...] inclut dans son territoire la petite nation du Bhoutan" (i.e. "the Indian diocese of Darjeeling [...] includes the small nation of Bhutan in its sphere."
  9. ^ "Catholic Online". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2007-09-01. 
  10. ^ Bhutan, International Religious Freedom Report 2007, State Department.
  11. ^ Malgré la liberté de religion inscrite dans la Constitution, les chrétiens ne peuvent toujours ni pratiquer en public, ni construire de lieux de culte Diarsipkan 2012-02-27 di Wayback Machine. (Bulletin EDA n° 524), sur le site EDA (Églises d'Asie), Agence d'information des missions étrangères de Paris.
  12. ^ "U. S. State Department's 2007 Report on International Religious Freedom".